Bandung (ANTARA) - Komandan Kontingen PON XX Jabar Setiawan Wangsaatmaja menyemangati para atlet agar mempertahankan gelar juara umum pada PON XX Papua yang akan digelar 2 -15 Oktober 2021.

Setiawan yang juga Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat mengingatkan para atlet, pelatih, dan ofisial tetap menjaga kesehatan dengan menjaga protokol kesehatan, mengingat perhelatan olahraga paling bergengsi di Indonesia melibatkan banyak orang yang rawan penularan COVID-19.

Seyogianya PON XX menjadi titik akhir seluruh daya upaya yang sudah dipersiapkan di semua lini sedemikian rupa. Setiawan menyerukan agar usaha dan pengorbanan jangan sampai sia-sia hanya karena tidak menjaga kesehatan.

"Pertama tadi saya dengan Pak Ketua Umum KONI Jabar, Disorda, melihat secara langsung bagaimana persiapan para atlet yang akan berangkat ke Papua, yang saya lihat kali ini bahwa atlet- atlet dikondisikan pada titik akhir ini mereka benar-benar disiapkan untuk bertanding dalam PON XX," kata Setiawan di Pelatda PON Kontingen Jawa Barat, di GOR Pajajaran, Kota Bandung, Selasa.

Baca juga: Seluruh atlet Jabar untuk PON Papua negatif COVID-19

Setiawan mengimbau agar kontingen Jabar mulai dari atlet, pelatih, hingga ofisial terus menjaga kekompakan. Karena iklim kekompakan akan menjadi kekuatan. Sehingga perlu dibangun komunikasi yang nyaman. Sekda Jabar mengungkap sudah melihat hal tersebut di tubuh kontingen PON XX Jabar.

"Bahwa kesiapan dari berbagai segi termasuk logistik sudah benar- benar siap. Kedua saya melihat dari sisi persiapannya, dari komunikasi atlet dan pelatih itu sangat baik sekali. Tentu saja bahwa PON ini adalah ultimate di dalam pesta olahraga ini, kekompakan harus tetap terjaga," kata Setiawan.

"Kita membawa nama kontingen Jawa Barat. Karena itu kekompakan harus terjalin, baik ofisial, para manajer tim, pelatih, dan atlet, dan saya melihat ada," sambung Setiawan.

Dirinya berpesan bahwa bila ingin meraih Juara umum, maka Kontingen Jabar harus meraih sekira 20-24 persen medali emas, atau setara 137- 160-an medali emas. Ia berharap atas berbagai kerja keras, angka -angka tersebut bisa diraih.

"Kita targetnya adalah, kurang lebih kalau ingin juara umum, kita harus meraih medali emas 20 -24 persen, jadi kalau kita dijumlahkan sekitar 137- 160-an medali emas," katanya.

Baca juga: Ridwan Kamil targetkan Jabar raih 164 emas dari PON Papua

Selain itu, Setiawan mengungkap sejumlah cabang olahraga unggulan yang diprediksi menjadi lumbung medali, seperti di antaranya pencak silat, voli, taekwondo, karate, gulat, dan beberapa cabor lainnya.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jabar Ahmad Saefudin mengatakan, total kontingen PON XX Jabar berdasarkan SK Gubernur Jabar No: 426/Kep.528-Dispora/2021 berjumlah 1.239 orang yang terdiri dari 770 atlet, 394 manajer dan ofisial, serta 75 orang pendukung.

Kontingen Jabar akan mengikuti 37 cabang olahraga pada perhelatan yang akan digelar 2 -15 Oktober 2021.

"Semua (atlet dan ofisial) dalam kondisi fit maka harus dijaga jangan sampai ketika hadir di Papua malah sebaliknya," tegas Ketua Umum KONI Jabar.

Terkait keberangkatan para atlet, KONI sudah menjadwalkan sedemikian rupa. Logistik dan akomodasi sudah 100 persen disiapkan.

"Logistik sudah 100, sudah kita juga menyiapkan transportasi, akomodasi, pelayanan kepada kontingen, karena itu bagian dari strategi," katanya.

Baca juga: Jawa Timur targetkan juara umum
Baca juga: KONI DKI targetkan raih juara umum di PON XX
Baca juga: Persiapan PON Papua sudah rampung 95 persen

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021