Jakarta (ANTARA) - Pengembang game lokal Lokapala, Anantarupa Studios, telah melakukan persiapan dari segi infrastruktur untuk menggelar pertandingan dalam partisipasinya pada turnamen olahraga elektronik Piala Presiden Esports 2021.

COO Anantarupa Studios, Diana Paskarina, mengatakan telah berdiskusi bersama penerbit game Lokapala, PT Melon Indonesia untuk mengantisipasi jumlah lonjakan pengguna.

"Kami bersama publisher kami telah mengantisipasi dengan adanya kenaikan jumlah user. Jadi, kita sudah mengupgrade dari sisi infrastruktur juga, di mana saat ini sebelumnya kita sudah melakukan pertandingan di event PON, dan sejauh ini berjalan dengan lancar," kata Diana dalam konferensi pers virtual pengumuman Piala Presiden Esports 2021, Selasa.

Baca juga: Piala Presiden Esports 2021 siap digelar dengan selipkan game lokal

Selama gelaran Piala Presiden Esport, yang diinisiasi pada 2019, turnamen tahun ini merupakan kali pertama game lokal turut dipertandingkan.

Melalui Piala Presiden Esports 2021, Diana melihat keterlibatan Lokapala menjadi salah satu bukti awal penerimaan game esport lokal sekaligus menjadi pembuka jalan bagi game lokal lainnya.

Lokapala juga tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada cabang olahraga ekshibisi esport dalam pertandingan persahabatan.

Baca juga: Sebelas tim Free Fire terbang ke Jayapura untuk final esport PON Papua

Sebagai pengembang game, Diana mengatakan, Anantarupa Studios telah melakukan berbagai upaya untuk memajukan ekosistem game di Indonesia, termasuk dengan menggandeng beberapa institusi pendidikan untuk "transfer knowledge" dan pemagangan.

"Kami juga saat ini sedang berupaya supaya ada akses pendanaan di sektor game," kata Diana.

Ke depan, Diana berharap turnamen nasional lainnya juga dapat mempertandingkan produk esport buatan anak bangsa. ​​Anantarupa Studios bersama penerbit game juga telah berencana untuk mengadakan turnamen Lokapala.

Lebih jauh, Diana mengungkapkan Anantarupa Studios telah memiliki rencana untuk memasarkan Lokapala ke luar Indonesia.

"Kita sudah berencana untuk esport Lokapala ini di luar Indonesia, paling tidak dari wilayah Asia Tenggara dulu, jadi diharapkan ke depannya juga ekosistemnya akan terbentuk untuk pemain lokapala dan turnamen-turnamen lanjutannya akan selalu ada," ujar Diana.

Baca juga: Kemenpora siapkan rencana strategis pembinaan talenta esport
Baca juga: Enam provinsi melaju ke babak utama esport Mobile Legends PON Papua

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021