Bertemu Gubernur Bangkok, Dubes RI bahas kerja sama kota kembar

Bertemu Gubernur Bangkok, Dubes RI bahas kerja sama kota kembar

Duta Besar RI untuk Thailand Rachmat Budiman (kiri) bertemu dengan Gubernur Bangkok Aswin Kwanmuang (kanan) di kantor Bangkok Metropolitan Administration, Selasa (14/9/2020). (ANTARA/HO-KBRI Bangkok)

Jakarta dan Bangkok harus segera melaksanakan kegiatan bersama sebagai implementasi konkret MoU kerja sama sister city tersebut, termasuk rencana kunjungan resmi Gubernur Bangkok ke Jakarta
Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Thailand Rachmat Budiman menemui Gubernur Bangkok Aswin Kwanmuang untuk membahas kelanjutan kerja sama kota kembar (sister city) antara Jakarta dan Bangkok, yang telah ditandatangani sejak 2001.

Dalam pertemuan yang berlangsung pada Selasa (14/9), Gubernur Kwanmuang menyampaikan kesiapan Bangkok untuk melanjutkan kerja sama sister city dengan Indonesia, yang sempat terhenti implementasinya karena pandemi COVID-19.

“Jakarta dan Bangkok harus segera melaksanakan kegiatan bersama sebagai implementasi konkret MoU kerja sama sister city tersebut, termasuk rencana kunjungan resmi Gubernur Bangkok ke Jakarta,” demikian keterangan tertulis KBRI Bangkok, Rabu.

Dubes RI dan Gubernur Bangkok juga menyepakati untuk segera merealisasikan program pertukaran pelajar (student exchange) Bangkok-Jakarta. Program student exchange rencananya dilaksanakan pada 2020, tetapi tertunda karena pandemi.


Baca juga: KBRI Bangkok fasilitasi pemulangan ABK Indonesia

Diharapkan pada 2022, Bangkok-Jakarta akan segera saling mengirimkan pelajar masing-masing untuk berinteraksi dan belajar di sekolah dan komunitas yang ditentukan.

Dubes Rachmat juga menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan program vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah Thailand termasuk Bangkok Metropolitan Administration (BMA) kepada masyarakat asing termasuk masyarakat Indonesia di Thailand.

Program vaksinasi itu merupakan salah satu faktor penting dalam memastikan keberhasilan penanganan pandemi COVID-19 melalui pencapaian herd immunity.

Selanjutnya, Dubes Rachmat menyampaikan rencana kegiatan promosi Indonesian Trade, Tourism, and Investment (TTI) Forum pada 2022 di Bangkok serta mengharapkan dukungan dan kerja sama Pemerintah Provinsi Bangkok bagi keberhasilan kegiatan tersebut yang diharapkan akan memperkuat kerja sama Indonesia dan Thailand, khususnya DKI Jakarta dan Bangkok.


Baca juga: Pemkot Denpasar-Kota Darwin kerja sama promosi ekonomi kreatif
 

“Kesiapan dukungan yang diberikan oleh Gubernur Bangkok dalam pelaksanaan kegiatan promosi Indonesia di Bangkok mencerminkan hubungan bilateral yang kuat dan solid antara Indonesia dan Thailand,” kata KBRI Bangkok.

Kegiatan yang direncanakan tersebut juga diharapkan akan semakin meningkatkan kerja sama ekonomi dan bisnis serta people-to-people contact. Lebih lanjut, kegiatan ini juga diharapkan dapat semakin memperkuat rasa persaudaraan dan saling pemahaman antara masyarakat kedua negara selain memperkuat kehadiran Indonesia di Thailand.


Baca juga: Pelayanan KJRI Shanghai kembali pulih

Baca juga: Gubernur Kepri dan Dubes KBRI Tokyo bahas pembangunan Pelabuhan Natuna


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar