Jakarta (ANTARA) - Relawan Kawan Sandi (RKS) mendeklarasikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sebagai bakal calon presiden (Capres) pada Pemilu 2024 mendatang.

"Kami menyakini figur Sandiaga Uno tepat mengemban harapan tersebut," kata perwakilan RKS, Adhi Saputra, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Deklarasi tersebut dilakukan RKS di atas perahu di Pelabuhan Rakyat Paotere, sebagai pusat ekonomi rakyat kecil, yang menghubungkan Kota Makassar dengan ratusan pulau di wilayah Sulawesi Selatan.

Baca juga: Pengamat: Sandiaga berpeluang capres 2024 didukung kaum perempuan

Selain mendeklarasikan Sandiaga Uno sebagai capres 2024, RKS juga menggelar aksi sosial di Kampung Nelayan Paotere, Makassar. Para relawan membagikan masker, handsinitizer, hingga paket sembako kepada warga.

"Rakyat sedang sulit akibat pandemi. Kita ingin perubahan hidup lebih baik ke depan. Pendapatan rumah tangga kembali normal dan lapangan pekerjaan lebih terbuka," harap Adhi.

RKS merupakan relawan lintas profesi, lintas agama, lintas generasi, dan lintas suku. Mereka berfokus memperjuangkan nasib rakyat kecil yang kesulitan akibat pandemi COVID-19.

Baca juga: Warga doakan Sandiaga Uno menjadi presiden

"Ini bentuk kepedulian kawan Sandi untuk rakyat kecil," ujar Andre Arief, relawan RKS lainnya.

Sandiaga Uno dalam beberapa pekan terakhir mendapatkan dorongan untuk maju dalam pilpres 2024. Dukungan tersebut berasal dari kalangan Emak-emak Sukabumi, pedagang sayur di Bandung, kelompok Rabanah di Kampar, Riau hingga tantangan dari musisi legendaris Iwan Fals.

Sebelumnya, hasil survei 'Capres-Cawapres Potensial 2024' yang dirilis oleh Arus Survei Indonesia menempatkan Menparekraf Sandiaga Uno bersama Menteri BUMN Erick Thohir menjadi dua sosok menteri di kabinet Indonesia Maju pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin periode 2019-2024 paling populer untuk berpeluang menjadi Calon Presiden (Capres) pada Pemilu Presiden RI 2024 mendatang.

Baca juga: Hasil survei tempatkan 4 Menteri dengan elektabilitas tertinggi

Pewarta: Fauzi
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021