Jakarta (ANTARA) - Saluran olahraga ESPN mengatakan, pertandingan final putri US Open antara Emma Raducanu dan Leylah Fernandez menarik penonton lebih banyak dibanding final putra yang mempertemukan Novak Djokovic yang mengejar Grand Slam tahun ini melawan Daniil Medvedev.

ESPN menyebut siaran final putri pada Sabtu mencapai 3,4 juta penonton, sedangkan final putra yang menampilkan Medvedev meraih gelar major pertamanya mencapai 2,7 juta pada hari berikutnya.

Perebutan gelar putri antara dua petenis remaja -- final turnamen utama pertama pada era Open yang menampilkan dua pemain bukan unggulan, -- memiliki rata-rata 2,44 juta penonton, meningkat 37% dari final 2020 ketika Naomi Osaka mengalahkan Victoria Azarenka.

Baca juga: Raducanu juara US Open, gelar Slam pertama dari petenis kualifikasi

Sehari setelah petenis Inggris Raya berusia 18 tahun Raducanu menjadi pemain kualifikasi pertama yang menjuarai turnamen utama, petenis nomor satu dunia Djokovic mengambil alih lapangan Stadion Arthur Ashe dengan melawan peringkat kedua dunia Medvedev pada final putra.

Kemenangan bagi petenis Serbia itu akan menjadikannya orang pertama dalam 52 tahun yang memenangkan keempat turnamen utama pada tahun yang sama, dan memberinya Grand Slam ke-21 untuk mengungguli Roger Federer dan Rafa Nadal.

Baca juga: Medvedev juara US Open, kandaskan mimpi rekor Grand Slam Djokovic

Final pertandingan pada Minggu sore tersebut yang biasanya menghadapi persaingan ketat dengan pemirsa minggu pertama musim NFL, rata-rata 2,05 juta penonton, naik 37% dari tahun lalu.

ESPN menambahkan, turnamen utama lapangan keras edisi 2021 itu mempunyai rata-rata 881.000 penonton pada prime time di AS, melonjak 33% dari tahun lalu dan mengalami peningkatan 13% untuk dua minggu siaran.

Channel 4 yang menandatangani kesepakatan menit terakhir dengan pemegang hak siar Inggris Amazon Prime untuk menyiarkan pertandingan secara gratis, puncak siaran mereka mencapai 9,2 juta penonton dalam kemenangan Raducanu, demikian laporan Reuters.

Baca juga: Thiem: Kemenangan Raducanu capaian terbesar dalam olahraga putri
Baca juga: Fernandez merasa seperti Cinderella usai final US Open

 

Pewarta: Gheovano Alfiqi/Fitri Supratiwi
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021