Polisi tangkap pelaku pungli di Pasar Minggu

Polisi tangkap pelaku pungli di Pasar Minggu

Tangkapan layar seorang pria diduga memalak sopir di Jalan Margasatwa, Cilandak Timur, Pasar Minggu, Selasa (14/9/2021). ANTARA/Instagram @steinsiahaan

Jakarta (ANTARA) - Satuan Unit Reserse Kriminal Polsek Pasar Minggu menangkap seorang pria yang diduga melakukan pungutan liar terhadap sopir angkutan kota (angkot) di Jalan Margasatwa, Cilandak Timur.

Kapolsek Pasar Minggu Komisaris Polisi Bambang Handoko saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu mengatakan, terduga pelaku ditangkap pada Rabu pagi.

"Ya benar sudah diamankan tadi pagi, dugaannya pungutan liar. Kami minta keterangan," kata Bambang Handoko.

Namun demikian, Handoko belum menyampaikan identitas dari pria tersebut karena masih dalam proses pemeriksaan.

Bambang mengatakan, penangkapan itu merupakan langkah persuasif guna mencegah tindakan serupa terhadap para sopir angkot lainnya.

Menurut dia, pungutan liar merupakan tindakan menyimpang dan melanggar aturan sehingga dilakukan penangkapan untuk memberi efek jera.

"Ini langkah persuasif, bahwa itu menyalahi aturan sehingga untuk memberi efek jera," kata Bambang.

Baca juga: Ombudsman pernah temukan dugaan pungli di Samsat Jaktim
Baca juga: Pedagang: Pungli hilang di Pasar Muara Karang usai dikelola Jakpro


Saat ini pihaknya mencari korban untuk dimintai keterangan lebih lanjut mengenai perbuatan dari pelaku tersebut. "Sekarang kami lagi mencari korban-korbannya juga untuk dimintai keterangan," kata dia.

Kepolisian masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap pelaku guna menyelidiki informasi perihal peristiwa itu.

Sebelumnya aksi dari pria itu viral direkam oleh pemilik Instagram @steinsiahaan pada Selasa (14/9) dan mendadak viral di media sosial.

Rekaman itu menunjukkan seorang pria bertopi diduga memalak sopir angkot yang lewat persimpangan Jalan Margasatwa, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Dalam video itu, pria bertopi itu memantau kendaraan angkot yang melintas dan memintai uang kepada sopir angkot 61 jurusan Pasar Minggu-Desa Limo Cinere.

"Saat balik ke arah rumah lewat jalan ini lagi pelaku masih ada di sini. Saya pantau dan benar melakukan beberapa kali pungutan liar kepada angkot 61 secara acak. Bukti pemungutan ada di akhir video," tulis akun @steinsiahaan.

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Gandeng KPK, Kadin perkuat pencegahan pungli kepada pengusaha

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar