Jakarta (ANTARA) - LaLiga memilih "move on" dari bayang-bayang Lionel Messi yang kini hijrah dari Barcelona ke Paris Saint-Germaint (PSG), ketika memasuki musim baru 2021/2022.

Representatif LaLiga di Indonesia, Rodrigo Gallego Abad, mengungkapkan bahwa liga sepak bola Spanyol itu bersyukur dengan kehadiran Messi selama beberapa tahun belakangan, namun tetap harus fokus pada perkembangan liga.

"Kami ingin membangun kompetisi yang kuat untuk menempatkan sepak bila Spanyol di atas pemain, menempatkan sepak bola Spanyol di atas individu, menempatkan sepak bola Spanyol di atas klub," ujar Rodrigo dalam temu media virtual, Rabu.

Meskipun Messi merupakan pemain terbaik di dunia, Rodrigo mengatakan pesepakbola Argentina berusia 34 tahun itu kemungkinan akan pensiun dalam waktu dua hingga tiga tahun, sehingga masa depan liga justru ada pada pemain muda.

Baca juga: Ronald Koeman akui Barcelona menjadi "kurang ditakuti" tanpa Leo Messi

"Kami tidak bisa bergantung pada satu pemain, kami tidak dapat bergantung pada satu nama meskipun dia merupakan pemain terbaik di dunia... Saya sangat berharap pemain baru dapat menciptakan atmosfer sepak bola yang lebih baik di kompetisi kami," kata Rodrigo.

Sejumlah bintang-bintang masa depan La Liga siap unjuk gigi di musim ini. Nama-nama seperti Pedri, Frenkie de Jong, Alexander Isak, Mikel Oyarzabal, Joao Felix, Takefusa Kubo, Kang-in Lee dan Eric Garcia, siap menunjukkan kualitas dan bakat mereka.

Di antara nama-nama tersebut adalah pemain asal Asia, yang menurut Rodrigo dapat menarik perhatian pecintla bola asal Asia menyusul hijrahnya Messi. Khusus bagi penonton LaLiga di Indonesia, yang merupakan negara muslim terbesar dunia, pesepak bola muslim dapat menarik minat pencinta bola di Tanah Air.

"Kami punya sejumlah atlet muslim ternama yang masih dapat diikuti," kata Rodrigo.

Di samping itu, LaLiga musim ini juga menampilkan sejumlah bintang-bintang kelas dunia, di antaranya Karim Benzema, Antoine Griezmann, Luis Suarez, Jan Oblak dan juga pemain-pemain baru, termasuk Memphis Depay, Sergio Aguero, Eduardo Camavinga, David Alaba, Rodrigo de Paul dan Erik Lamela.

Baca juga: La Liga awali era tak pasti tanpa Messi
Baca juga: Fakta-fakta Lionel Messi

Baca juga: Busquets yakin Barca masih bisa juara Liga Champions tanpa Leo Messi
 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021