Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional Indonesia tetap mendapat dukungan dan simpati rakyat Indonesia meski dikalahkan Malaysia pada pertandingan pertama final Piala AFF dengan skor 0-3.

Dukungan mengalir dari berbagai kalangan, termasuk melalui jejaring sosial seperti facebook dan twitter, Minggu malam.

Pacar striker Timnas Irfan Bachdim yaitu Jennifer Jasmin Kurniawan dalam twitternya (@JenniferBachdim) mengatakan "Indonesia kalah, `but I still support Timnas, and we can do it on Wednesday! be gonna beat them 5-0 !!!`" (Indonesia kalah, tapi saya masih mendukung Timnas dan hari Rabu nanti kita pasti bisa, kita akan kalahkan mereka 5-0).

Sedangkan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum yang juga penggemar sepak bola dalam twitternya (@anasurbaningrum) mengatakan "Luar biasa. Hidup timnas".

Anas juga menulis "Kalau menang kita sanjung. Ketika kalah kita hibur dan motivasi. Kita musti belajar menerima kekalahan sebagaimana kita sambut kemenangan. Bisa!"

Dia juga menyarankan agar "Sebaiknya timnas konsentrasi penuh. Undangan makan, foto-foto, liputan khusus, istaghasah, dan sejenisnya, nanti saja kalau sudah selesai. Ayo!".

Sementara pengamat ekonomi Faisal Basri (@faisalbasri) berujar "Kurang kerjaan kalau cari-cari kesalahan. Kalahkan lagi 5-1 di Jakarta. Pulang dengan tegar, siapkan dengan lebih baik untuk 29 Desember nanti. I love you.".

Cendekiawan Muslim Komaruddin Hidayat (@komar_hidayat) mengatakan "Mari kita terima dengan lapang, tak usah obral keluhan dan caci maki. Permainan berlangsung transparan, boleh kritik, jangan sedih berlama-lama.".

Motivator pengarang buku Quantum Ikhlas, Erbe Sentanu (@erbesentanu) berkata "Permainan dinikmati.. Pelajaran diterima.. Perjuangan dihargai.. Tetap sebuah malam yg Indah.. Terima kasih timnas Indonesia".

Dukungan musisi

Dukungan kepada Timnas juga mengalir dari para musisi Indonesia dalam twitternya seperti dari Katon Bagaskara (@katonbagaskara) yang menulis "Kalah akui kalah, namun tetap semangat dan berjuang untuk nanti menang..Karena kalah atau menang, aku tetap orang Indonesia !!" dan "KITA Balas DI GBK!!! SEMANGAT TIMNAS!!!! sampai kapanpun IN-DO-NE-SIA!!!!".

Dalam twiternya, Indra Lesmana juga menyarankan dengan berkata "Mohon kepada pemerintah Indonesia untuk memberi ruang konsentrasi kepada Timnas sebelum pertandingan tanggal 29, jangan ada acara macam-macam".

Vokalis Band Gigi, Armand Maulana, penyanyi rap kawakan Iwa K, penyanyi Glenn Fredly juga turut memberikan dukungannya kepada timnas Indonesia.(*)

N006/I015

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010