Hujan lebat menyebabkan banjir di perkampungan Distrik Wanggar, Nabire

Hujan lebat menyebabkan banjir di perkampungan Distrik Wanggar, Nabire

Banjir yang melanda beberapa kampung di Distrik Wanggar, Kabupaten Nabire, Provinsi Papua. (ANTARA/HO-Humas Pusdalops BPBD Papua)

Jayapura (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua menyatakan bahwa hujan lebat telah menyebabkan banjir di beberapa kampung di Distrik Wanggar, Kabupaten Nabire.

"Banjir tersebut melanda kampung masyarakat transmigrasi dan masyarakat adat Suku Wate yang berada di sekitar Kali Yaro, Distrik Wanggar," kata Kepala BPBD Provinsi Papua Welliam R. Manderi di Jayapura, Rabu.

Ia menjelaskan, hujan lebat yang mengguyur Distrik Wanggar pada Selasa (14/9) pukul 04.00 sampai 07.00 WIT memicu banjir yang menyebabkan 250 rumah warga di SP/Yaro 01 dan 800 rumah warga di SP/Yaro 02 terendam.

"Ketinggian banjir antara satu sampai dua meter," katanya, menambahkan, banjir tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Ia mengemukakan, petugas BPBD kesulitan mendata jumlah rumah warga yang terdampak banjir di kampung yang ditinggali oleh masyarakat Suku Wate karena akses menuju ke kampung itu terputus.

"Kami juga mengalami kendala dalam berkoordinasi untuk meng-update (memperbarui) informasi, terhambat (masalah) jaringan seluler," katanya.

Manderi mengatakan bahwa warga di perkampungan yang terdampak banjir sebagian sudah dievakuasi ke tempat yang aman oleh petugas Kantor Pencarian dan Pertolongan, Polri, dan TNI.

Baca juga:
BPBD Papua: Lima kampung di Yapen dilanda banjir
BPBD Papua masih mendata kerugian material akibat banjir di Serui


Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Mensos janji bangun rumah bagi korban banjir Sentani

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar