HBO akan kehilangan 5 juta pelanggan setelah meninggalkan Amazon Prime

HBO akan kehilangan 5 juta pelanggan setelah meninggalkan Amazon Prime

Platform streaming HBO Max (tangkapan layar)

Jakarta (ANTARA) - Jaringan televisi HBO diperkirakan akan kehilangan sekitar 5 juta pelanggan ketika meninggalkan layanan streaming Amazon Prime Video pada Rabu (15/9) sebagai bagian dari keputusan perusahaan induk WarnerMedia untuk menghapus saluran tersebut dari Amazon.

Dalam pesan yang dikirim ke pelanggan awal bulan ini, Amazon mengatakan langganan HBO akan dibatalkan pada 15 September dan pengguna mendapatkan pengembalian dana prorata berdasarkan siklus penagihan terakhir mereka.

Seorang eksekutif WarnerMedia mengatakan kepada The Hollywood Reporter, dikutip Kamis, HBO diperkirakan akan memberikan penawaran khusus untuk pelanggan Amazon setelah langganan mereka dibatalkan.

Baca juga: HBO Max rilis "So She Did" sebagai kampanye Hari Kesetaraan Perempuan

Sebelumnya, pengguna layanan streaming Prime dapat berlangganan HBO secara individual seharga 15 dolar AS per bulan. Namun pada akhir tahun 2020, WarnerMedia sebagai perusahaan induk HBO dan Amazon mencapai kesepakatan untuk menghapus HBO dari Amazon Channels tahun ini.

Pihak WarnerMedia ingin agar HBO Max menjadi titik masuk utama bagi pelanggan yang terlibat dengan konten streaming-nya. Sebagai gantinya, HBO Max menjadi tersedia sebagai aplikasi yang berdiri sendiri di perangkat Amazon Fire TV dan pelanggan lama HBO melalui saluran Prime diberi akses ke HBO Max tanpa biaya tambahan.

Pada Agustus, kepala HBO Max Andy Forssell mengatakan kepada Bloomberg bahwa HBO bersedia kehilangan pelanggan dalam jangka pendek jika langkah tersebut dapat meninggalkan Amazon Prime dan pada akhirnya memiliki hubungan langsung dengan konsumen sebagai gantinya.

“Penting bagi kami untuk memiliki pelanggan. Jika pemirsa ada di aplikasi, kami dapat menyesuaikan beranda untuk mereka. Kami bisa menyesuaikan apa yang mereka tunjukkan selanjutnya. Kami dapat menanggapinya secara real time,” kata Forssell.

Sementara itu, Amazon masih menawarkan langganan promosi untuk pengguna sebesar 0,99 dolar AS (Rp14.000) per bulan dalam jangka waktu dua bulan untuk Paramount+, Starz, dan Showtime hingga 17 September.

Pengguna Amazon Fire TV seharusnya tidak mengalami gangguan saat berlangganan HBO Max mereka, tetapi mereka yang tidak memiliki perangkat Fire TV harus melalui HBO Max secara terpisah untuk menyiapkan langganan baru.

Baca juga: Beberapa aktor Jepang dikonfirmasi akan bergabung di "Tokyo Vice"

Baca juga: Jessica Chastain dan Oscar Isaac bermesraan di mini seri TV

Baca juga: HBO Max sudah dapat dinikmati pengguna Vizio SmartCast TV

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar