Jakarta (ANTARA) - Indonesia tak diuntungkan saat berhadapan Barbados di Grup II Davis Cup 2021 yang bergulir di National Tennis Centre, Brigdetown, Barbados, 17-18 September.

Selain bertanding di kandang lawan, skuad Merah Putih pada pertandingan kali ini juga hanya diperkuat dua petenis muda yakni, Justin Barki dan Gunawan Trismuwantara.

Mereka akan berada di bawah arahan sang kapten Febi Widhiyanto. Sebenarnya, Indonesia mendaftarkan tiga nama pada laga babak pertama melawan Barbados.

Selain Justin Barki dan Gunawan, satu pemain yang sebelumnya masuk dalam skuad Indonesia adalah Ari Fahresi. Namun Ari terkendala visa yang membuatnya batal berangkat ke Barbados.

Baca juga: Indonesia tanpa Ari Fahresi saat lawan Barbados di Davis Cup 2021

Situasi ini tak menguntungkan. Sebab, Piala Davis Grup Dunia II akan berlangsung selama dua hari dengan menyajikan lima pertandingan.

Pada hari pertama terdapat dua laga tunggal. Selanjutnya, satu pertandingan ganda menjadi pembuka hari kedua, kemudian bergulir dua laga tunggal sebagai penutup.

Dengan kata lain, Justin Barki dan Gunawan harus bisa bermain lebih dari satu kali pada pertandingan nanti, khususnya pada hari kedua.

Selain harus bertanding di kandang lawan. Indonesia hadir di Davis Cup 2021 dengan menempati posisi ke-63 dunia. Sedangkan Barbados lebih baik di urutan ke-54.

Baca juga: Indonesia jaga kondisi jelang hadapi Barbados di Davis Cup 2021

Lebih dari itu, tuan rumah juga hadir dengan kekuatan penuh menurunkan lima petenis terbaik mereka yakni Darian King, Matthew Foster-Estwick, Kaipo Marshall, Stephen Slocomb Jr, dan Hadyan Lewis.

Kapten Barbados, Damien Applewhaite sebelumnya mengungkapkan keyakinannya bisa meraih kemenangan.

Dari lima pemain yang memperkuat Barbados, Darian King adalah petenis yang harus diwaspadai skuad Merah Putih. Saat ini, dia menempati peringkat 330 dunia untuk tunggal dan peringkat 296 untuk ganda.

Darian King juga pernah menempati peringkat terbaiknya di posisi 106 dunia. Selain itu, Barbados juga diperkuat Haydn yang sejak 2002 menjadi andalan di Davis Cup.

Meski berada di posisi tak diunggulkan, Febi Widhiyanto mengatakan skuad Merah Putih akan berjuang semaksimal mungkin untuk bisa meraih kemenangan.

Perjuangan Indonesia akan dimulai pada Jumat waktu setempat dengan dua pertandingan tunggal.

Skuad Merah Putih bakal memasang Justin Barki sebagai tunggal pertama dan Gunawan sebagai single kedua.

"Semoga hasil undiannya bagus, Justin bisa membuka pertarungan main pertama menghadapi tunggal kedua tuan rumah," kata Febi dalam keterangan resmi PP Pelti.

Dia berharap Justin bisa mengejutkan petenis kedua Barbados agar dapat menaikkan moral tim. "Dengan demikian, Gunawan bisa bermain lebih rileks melawan petenis terkuat tuan rumah," pungkas Febi.

Baca juga: Tim Piala Davis Indonesia turunkan petenis muda untuk hadapi Barbados

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021