Pokoknya Jabar harus juara umum lagi di PON XX yang akan digelar Oktober 2021 nanti karena target sebagai juara umum tersebut sesuai dengan slogan Jabar Juara Lahir Batin
Bandung (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) Ineu Purwadewi Sundari berharap kontingen Jabar yang akan berlaga d Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua bisa kembali merebut gelar sebagai juara umum di ajang pesta olahraga terbesar tingkat nasional itu.

"Pokoknya Jabar harus juara umum lagi di PON XX yang akan digelar Oktober 2021 nanti karena target sebagai juara umum tersebut sesuai dengan slogan Jabar Juara Lahir Batin," kata Ineu Purwadewi Sundari ketika dihubungi melalui telepon di Bandung, Kamis.

Ineu meminta agar kontingen Jabar mulai dari atlet, pelatih, hingga ofisial bisa terus menjaga kekompakan karena iklim kebersamaan akan menjadi kekuatan.

Selain itu, politisi perempuan yang akrab disapa Teh Ineu juga meminta agar para kontingen Jabar tetap memperhatikan protokol kesehatan selama berada di Papua.

Baca juga: 31 personel Brimob kawal kontingen NTT di PON Papua

"Pesannya untuk para kontingen Jabar jaga selalu kesehatan, jaga imunitas karena sekarang kan pandemi masih berlangsung. Jangan sampai karena abai prokes selama berada di sana malah tidak bisa bertanding," kata dia.

Sementara itu terkait uang 'kadeudeuh', Teh Ineu berharap agar Pemprov Jabar bisa memberikan bonus kepada atlet yang berhasil menorehkan prestasi di PON XX.

"Soal 'kadeudeuh' tentunya harus ada ya karena kan sebelumnya juga setahu saya itu ada 'kadeudeuh' untuk atlet yang meraih medali," kata dia.

Sementara itu, Komandan Kontingen PON XX Jabar Setiawan Wangsaatmaja menyemangati para atlet agar mempertahankan gelar juara umum pada PON XX Papua yang akan digelar 2 hingga 15 Oktober 2021.

Setiawan yang juga Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat juga mengingatkan para atlet, pelatih, dan ofisial tetap menjaga kesehatan dengan menjaga protokol kesehatan, mengingat perhelatan olahraga paling bergengsi di Indonesia melibatkan banyak orang yang rawan penularan COVID-19.

Seyogianya PON XX menjadi titik akhir seluruh daya upaya yang sudah dipersiapkan di semua lini sedemikian rupa. Setiawan menyerukan agar usaha dan pengorbanan jangan sampai sia- sia hanya karena tidak menjaga kesehatan.

"Pertama tadi saya dengan Pak Ketua Umum KONI Jabar, Disorda, melihat secara langsung bagaimana persiapan para atlet yang akan berangkat ke Papua, yang saya lihat kali ini bahwa atlet- atlet dikondisikan pada titik akhir ini mereka benar-benar disiapkan untuk bertanding dalam PON XX," kata Setiawan di Pelatda PON Kontingen Jawa Barat, di GOR Pajajaran, Kota Bandung, Senin (13/9).

Baca juga: Mendes PDTT sebut PON Papua harus jadi momentum kebangkitan desa
Baca juga: Gubernur Kalsel secara resmi lepas 111 atlet ke PON Papua

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021