Jakarta (ANTARA) - Tokopedia sediakan fitur-fitur serta pendampingan khusus untuk membantu meningkatkan penjualan UMKM lokal maupun reseller yang baru bergabung di platformnya.

Puput Hidayat selaku AVP of Product Tokopedia mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyediakan berbagai fitur serta pendampingan yang dapat dimanfaatkan UMKM untuk memasarkan produk secara digital. Hal ini dilakukan Tokopedia guna memudahkan UMKM lokal serta reseller untuk meningkatkan penjualan produk di platform tersebut.

"Sebenarnya ketika kita melihat UMKM lokal terutama yang belum pernah berkenalan dengan kanal digital gitu kan pasti banyak banget tantangannya untuk mengerti," ungkap Puput saat diskusi daring, Kamis.

Baca juga: Rayakan Hari Pelanggan, Tokopedia adakan START CX First Summit 2021

"Makanya di sini selain kita berusaha membuat supaya platform, layanan dan fitur-fitur yang kita buat di Tokopedia itu mudah untuk dipahami, di lain pihak juga kita banyak melakukan pendampingan baik dalam bentuk refrensi di pusat edukasi seller atau di help center Tokopedia atau Tokopedia Care," lanjutnya.

Fitur yang disediakan Tokopedia diantaranya seperti voucher toko, top ads, bebas ongkir, dekorasi toko, serta broadcast chat. Sementara untuk pendampingan UMKM lokal dan reseller, Tokopedia menyediakan pusat edukasi seller, sekolah kilat seller, webinar, kelas online, serta media sosial Tokopedia seller.

Sementara itu, salah satu UMKM Kiagus Adit selaku pemilik usaha Songket PaSH mengatakan bahwa program-program yang disediakan Tokopedia cukup membantu meningkatkan penjualannya di tengah pandemi.

"Awal-awal Corona masuk Indonesia, penjualan kita itu turun banget. Malahan turunnya sampai ke 60 persen. Namun saya dan tim mengambil kesimpulan bahwa memang benar Indonesia sedang pandemi, tapi tidak serta merta orang tidak butuh barang kita dan orang pasti masih ada yang butuh barang kita," ujar Adit.

"Oleh sebab itu, kita nggak merubah produk kita. Kami juga nggak mengurangi anggota tim. Tetapi yang kami cari adalah cara berjualan yang lebih efektif dan bisa dicapai oleh masyarakat umum. Salah satunya adalah dengan menggunakan market place seperti Tokopedia," jelas Adit.

Baca juga: Tokopedia catat peningkatan jumlah UMKM selama pandemi

Baca juga: UMKM kecantikan dan fesyen tumbuh pesat di 2021

Baca juga: Gojek bentuk tim khusus untuk lindungi data pribadi konsumen


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021