Penataan trotoar di Duri Kosambi Jakbar capai 55 persen

Penataan trotoar di Duri Kosambi Jakbar capai 55 persen

Petugas Suku Dinas Bina Marga Jakarta Selatan menata trotoar di Jalan Tebet Raya, Kelurahan Tebet Timur, Kecamatan Tebet, Senin (13/9/2021). ANTARA/HO-Sudin Kominfo Jakarta Selatan.

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah  Provinsi DKI Jakarta yang melakukan penataan trotoar di Jalan Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, pekerjaannya hingga saat ini sudah mencapai 55,68 persen.

"Progres pekerjaan sampai 12 September, sudah mencapai 55,68 persen. Pekerjaan ditargetkan selesai pada 24 Nopember," kata Kasie Pembangunan dan Peningkatan Kelengkapan Jalan, Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Sigit saat dihubungi, Kamis.

Penataan trotoar itu menjadi salah satu  dari 10 program penataan trotoal oleh Dinas Bina Marga DKI Jakarta, pada tahun anggaran 2021. Pekerjaan penetaan trotoar di Jalan Duri Kosambi ​Cengkareng sepanjang ​​​​​​1.025 meter dan lebar 1,3 meter sampai 3,7 meter. Lama pekerjaan 150 hari.

Menurut Sigit, Dinas Bina Marga DKI Jakarta tidak menghadapi kendala pada proyek penataan trotoar. Pekerjaannya dikerjakan oleh kontraktor yang diawasi dari dinas. "Kami juga melakukan pemantauan dan pengawasan kerja kontraktor," kata dia.

Baca juga: Sudin Bina Marga Jaksel lakukan penataan trotoar di Tebet Raya

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho menjelaskan, penataan trotoar dengan konsep "complete street" ini adalah penataan ulang ruang jalan sesuai dengan fungsinya untuk mengakomodasi seluruh kebutuhan pengguna jalan sesuai porsi yang tepat.

"Konsep tersebut dikerjakan dengan memprioritaskan pejalan kaki, pengguna sepeda, dan pengguna transportasi umum, yang juga sudah termaktub dalam kegiatan strategis daerah di wilayah kota masing-masing," kata Hari di Jakarta, Selasa.

Hari menyebutkan, pihaknya akan menata trotoar di 10 ruas jalan DKI Jakarta pada tahun 2021, dimulai dari tiga ruas jalan di Kecamatan Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Berikut daftar trotoar yang direvitalisasi Pemprov DKI Jakarta tahun ini.

Jakarta Barat: Jalan Duri Kosambi, Kawasan Puri, Jalan Puri Wangi. Jakarta Selatan: Jalan Tebet CS, Jalan Tebet Raya (lanjutan), Jalan Senopati hingga Jalan Suryo, Jala Woltermonginsidi hingga Jalan Trunojoyo, Jalan Gunawarman.

Jakarta Pusat: Jalan Kesehatan, Jalan Raden Saleh. Jakarta Timur: Jalan Layur. Jakarta Utara: Area sekitar Jakarta International Stadium, Jalan Sunter Permai Raya, Jalan Danau Sunter Barat

Baca juga: Satpol PP DKI mendata kondisi trotoar di Jaksel untuk pedestrian
Baca juga: Dilarang jualan di trotoar, PKL Senen: relokasi harus di Pasar Senen


 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Riza Harahap
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Warga bersihkan jalan dan trotoar sambut Festival Asia Afrika

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar