Jakarta (ANTARA) - Aktris Korea Selatan Youn Yuh-jung yang memenangkan penghargaan Oscar pada awal tahun ini untuk perannya dalam film “Minari” dinobatkan sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh tahun 2021 oleh majalah TIME.

Aktris veteran berusia 74 tahun itu masuk bersama dengan aktor Korea-Amerika Steven Yeun, Presiden AS Joe Biden, dan CEO Apple Inc. Tim Cook dalam daftar tahunan majalah Time yang dirilis Rabu (15/9) waktu setempat.

“Dari menavigasi dan menerobos ekspektasi masyarakat hingga memainkan karakter yang sepenuhnya disadari (dan sangat manusiawi) di layar, dia telah menempa jalan yang hanya bisa dia miliki,” tulis Steven Yeun tentang aktris itu untuk TIME, dikutip dari Yonhap pada Kamis. Yeun merupakan lawan main Youn dalam film “Minari” karya sutradara Lee Isaac Chung.

“Saya jarang bertemu orang dengan tingkat kepercayaan dirinya,” tambahnya sambil menghubungkan kualitas hidup yang selama ini telah dialami Youn.

Youn mengaku terkejut terhadap kabar tersebut dan mengatakan dirinya merasa kurang pantas menerima pujian untuk sesuatu yang selama ini selalu ia lakukan.

“Saya harap saya adalah orang dengan pengaruh positif dan baik, dan merasa terhormat telah terdaftar bersama mereka yang jauh lebih terpuji daripada saya,” katanya.

Youn muncul di layar lebar pertama kali pada 1971 melalui film “Woman of Fire” yang disutradarai oleh Hwanyeo.

Ia mencuri perhatian penonton dengan karakternya sebagai seorang nenek dalam film “Minari”. Berkat “Minari”, Youn berhasil memenangkan Aktris Pendukung Terbaik di Academy Awards ke-93 pada bulan April, menjadi orang Korea Selatan pertama yang meraih Oscar untuk kategori akting.

Baca juga: Bintang dan kru "Minari" diundang jadi bagian Academy Award

Baca juga: Pulang ke Korea, aktris pemenang Oscar Youn Yuh-jung disambut hangat

Baca juga: Kata Youn Yuh-jung mengenai perannya di "Minari"


Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021