Dubes Cheppy: perdagangan Indonesia, Meksiko naik 22 persen

Dubes Cheppy: perdagangan Indonesia, Meksiko naik 22 persen

Resepsi Diplomatik HUT ke-76 RI yang diselenggarakan KBRI Mexico City pada 14 September 2021. ANTARA/Dokumentasi KBRI Mexico City.

Semangat ini yang akan dibawa Indonesia pada Presidensi Indonesia di G-20 tahun 2022, dan Meksiko diharapkan memberikan dukungannya
Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Meksiko Cheppy T.Wartono mengatakan perdagangan antara Indonesia dan Meksiko naik 22 persen hingga pertengahan 2021 di tengah pandemi COVID-19.

"Di bidang ekonomi meski menghadapi pandemi namun sejak awal hingga pertengahan 2021, perdagangan kedua negara naik 22 persen. Pada Indonesia Latin America and Caribean (INALAC) Business Forum 2020, dicapai kesepakatan bisnis dengan potensi nilai US$ 70 juta (Rp998,3 miliar) " ujar Duta Besar Cheppy dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Pernyataan tersebut disampaikan  dalam  resepsi diplomatik HUT ke-76 RI yang diselenggarakan KBRI Mexico City, Selasa (14/9).

Untuk meningkatkan perdagangan bilateral, lanjut dia, para pengusaha Meksiko diundang mengikuti INALAC 2021 pada Oktober 2021 serta Trade Expo Indonesia 2021 pada 21 Oktober – 4 November 2021.

Baca juga: Dorong perdagangan, KBRI Mexico City selenggarakan rangkaian kegiatan

Duta Besar Cheppy menekankan pentingnya kerja sama ekonomi untuk pemulihan dan penguatan ekonomi kedua negara  agar pulih dari dampak pandemi COVID-19.

"Semangat ini yang akan dibawa Indonesia pada Presidensi Indonesia di G-20 tahun 2022, dan Meksiko diharapkan memberikan dukungannya," kata dia.

Sementara itu Wakil Menteri Ekonomi Meksiko, Luz Maria de la Mora  mengucapkan harapan untuk peningkatan kerja sama bilateral Indonesia – Meksiko.

Ia juga menegaskan komitmen Meksiko untuk mendukung Presidensi Indonesia di G20 pada 2021.

Baca juga: Indonesia ajak Meksiko kembangkan biofuel berbasis sawit

Resepsi Diplomatik HUT ke-76 RI diselenggarakan sesuai protokol kesehatan dan jumlah undangan dibatasi.

Sebanyak 85 hadirin yang datang dalam acara tersebut terdiri dari kalangan diplomatik, pemerintah Meksiko, pelaku usaha, diaspora Indonesia serta perwakilan universitas setempat.

Acara tersebut disemarakkan dengan penampilan tarian Legong Kupu-Kupu, Tor-Tor Tanduk, Kembang Girang dan Ngarojeng.

Kuliner khas Indonesia seperti nasi rendang, soto ambengan, gado-gado dan aneka kudapan tradisional juga disajikan dalam acara tersebut.
Baca juga: KBRI, ITPC Mexico City fasilitasi kerja sama bisnis Indonesia-Meksiko
 

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Memasuki Q-4 Indeks Keyakinan Konsumen terus meningkat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar