Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Utara melalui Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) memfasilitasi penukaran sampah dengan oli di Bank Sampah Induk Mountrash Jakarta Utara, di RW03 Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing. 

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Asminra) Sekretariat Kota Jakarta Utara, Wawan Budi Rohman, dalam keterangannya, Kamis, mengatakan, inovasi pengelolaan sampah itu membuat sampah menjadi lebih bernilai ekonomis.

Inovasi tersebut atas dukungan PT Pertamina Lubricant melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), sehingga warga bisa mendapat kompensasi berupa oli motor, dari sampah yang dikelola dengan benar. "Ini merupakan salah satu inovasi untuk mengurangi sampah dari sumbernya," kata Wawan.

Adanya Bank Sampah Induk Mountrash Jakarta Utara itu, diharapkan bisa meluas hingga ke wilayah lain di Jakarta Utara.

Wawan mengimbau masyarakat agar ikut berperan mengurangi pembuangan sampah rumah tangga dengan cara mengolah sampah sebelum dibuang.

"Silakan kelola sampah tersebut dengan cara memilah kemudian dijadikan kompos, produk kerajinan, ataupun menukarkannya langsung dengan oli motor di Bengkel Oli Tukar Sampah," katanya.

Baca juga: Bank sampah di Kelurahan Karet kumpulkan 479 kg sampah plastik

Kepala Sudin LH Jakarta Utara, Achmad Hariadi, dalam keterangannya, mengatakan, sampah plastik, kardus, dan lainnya, bisa bernilai ekonomis bagi warga apabila dikelola dengan benar, termasuk bila ditukar dengan layanan penggantian oli motor secara rutin di Bank Sampah Induk Mountrash Jakarta Utara.

"Bisa ganti oli gratis di sini hanya dengan menukarkan sampah. Harga oli itu Rp40.000,  warga harus memberikan sampah senilai yang telah ditentukan. Kemudian pengurus bank sampah akan menimbang dan mengecek catatan tabungan sampah milik anggotanya. Jika sudah sesuai maka akan langsung diberikan oli gratis," kata Hariadi.

Bengkel Oli Tukar Sampah yang mulai beroperasi di lingkungan RW 03 Kelurahan Semper Barat itu juga melayani jasa penjualan dan pergantian oli serta servis ringan.

"Bengkel itu menyediakan oli yang dibayar dengan sampah dan mereka yang mempunyai tabungan di bank sampah menjadi prioritas utama. Namun, jika ada masyarakat yang ingin mengganti oli motornya juga bisa mendapatkan dibengkel itu," ujar Hariadi.

Baca juga: Bank sampah di Kebagusan hasilkan 253 kg sampah anorganik
Baca juga: Nabung sampah, edukasi kebersihan, sampai inklusi keuangan


 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2021