Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan kawasan wisata terpadu "Bakauheni Harbour City" di Lampung akan menjadi jantung baru pertumbuhan ekonomi.

"Kita harus ubah pola pikir, kita harus mendukung turis lokal, infrastruktur lokal. Karena itu ketika saya dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berkunjung ke Proyek Bakauheni Harbour City, kita pastikan bahwa ini akan menjadi pembangunan yang masif ke depannya sehingga ada jantung baru pertumbuhan ekonomi," kata Erick Thohir dalam seminar daring di Jakarta, Kamis.

Menurut Erick, potensi wisata dan budaya ini menjadi sangat penting karena seperti diketahui 78 persen sebelum pandemi Covid-19 adalah wisata lokal yang perputaran uangnya Rp1.400 triliun di mana selama ini wisata lokal, infrastruktur dan turisnya dinomorduakan.

Selain itu terdapat potensi ekonomi dari kehadiran Jalan Tol Trans Sumatera menyebabkan terjadi peningkatan sampai 40 persen pada saat itu sebelum pandemi Covid-19 dari Sumatera ke Jawa.

"Karena itu pembangunan Krakatau Park di Lampung sebagai destinasi wisata untuk wilayah Sumatera, kita inisiasikan dan mudah-mudahan satu tahun ke depan bisa terlaksana. Mohon dukungan dan doa," kata Erick Thohir.

Baca juga: Tegas, Erick Thohir pastikan tidak ada tempat bagi teroris di BUMN

Menteri BUMN juga menambahkan pengembangan ekonomi kreatif berbasis seni dan budaya Lampung sangat beragam serta UMKM akan berkembang dengan pembangunan Bakauheni Harbour City dan tentunya Krakatau Park.

"Terdapat 93 lokasi komplek situs yang bisa terintegrasi dengan pembangunan Bakauheni Harbour City dan Krakatau Park, karena turisnya berkumpul di situ.Dengan demikian bagaimana kita menyambungkan secara transportasi dan digital," kata Erick Thohir.

Sebelumnya Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan bahwa Kementerian BUMN berencana membangun kawasan wisata terpadu Bakauheni. Nantinya, di kawasan tersebut akan dibangun taman yang akan dinamakan Krakatau Park yaitu semacam kawasan seperti Dunia Fantasi di Jakarta yang akan dikelola oleh Jatim Park.

Selain itu, lanjutnya, kawasan pariwisata terpadu itu juga akan dibangun masjid di depan Menara Siger, Bakauheni.

Karena itu, ia meminta dukungan dari Gubernur Lampung Arinal Djunaidi beserta seluruh pihak yang terkait agar pembangunan kawasan yang diperkirakan memakan waktu 3 sampai 4 tahun ini dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat Lampung.

Baca juga: Erick Thohir-Mendag Lutfi resmikan "cold storage" milik BGR Logistics

Proyek Bakauheni Harbour City (BHC) yang akan digarap oleh Pemerintah Provinsi Lampung bersama dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Hutama Karya (Persero) dan PT. ITDC, memasuki babak baru dengan telah dirampungkannya Visioning Masterplan Kawasan dan Feasibility Study (FS).

Wakil Menteri II BUMN Kartiko Wirjoatmodjo mengatakan, sesuai dengan komitmen awal yang disampaikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir bahwa institusinya siap mendukung pengembangan kawasan pariwisata Lampung.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021