Jakarta (ANTARA) - Sejumlah negara mengirimkan skuad yang berisikan para pemain bintang dalam kejuaraan bulu tangkis beregu campuran Piala Sudirman 2021 yang akan dihelat di Vantaa, Finlandia, 26 September-3 Oktober mendatang.

Dilansir laman resmi BWF, China sebagai tim yang paling dominan dengan 11 gelar di Piala Sudirman itu akan tampil dengan tim yang cukup kuat, termasuk dua wakil peraih emas Olimpiade, yakni tunggal putri Chen Yu Fei dan ganda campuran Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping.

Dengan absennya peraih perak Olimpiade Chen Long dalam susunan pemain, tanggung jawab tunggal putra China akan berada di pundak Shi Yu Qi. Ia akan didukung oleh Lu Guang Zu dan juara Youth Olympic Games Li Shi Feng.

Baca juga: PBSI berikan arahan non-teknis bagi pemain turnamen beregu Eropa

Sementara pada sektor tunggal putri, Chen Yu Fei akan diperkuat oleh He Bing Jiao dan Wang Zhi Yi yang berusia 21 tahun.

Andalan ganda putra Li Jun Hui/Liu Yu Chen belum masuk dalam skuad pemain, namun China masih memiliki talenta lainnya, termasuk Liu Cheng, Feng Yan Zhe, He Ji Ting, dan Tan Qiang.


Kento Momota pimpin tim Jepang

Jepang tidak akan diperkuat ganda putra andalannya seperti Takeshi Kamura, Keigo Sonoda dan Hiroyuki Endo di Piala Sudirman 2021. Namun Negeri Matahari Terbit itu dapat mengandalkan runner-up Kejuaraan Dunia Takuro Hoki/Yugo Kobayashi serta Akira Koga/Taichi Saito.

Selain itu, Jepang juga bakal diperkuat oleh sejumlah pemain bintang lainnya, seperti Kento Momota, Nozomi Okuhara, Akane Yamaguchi, Mayu Matsumoto, Wakana Nagahara, Yuta Watanabe, dan Arisa Higashino.


Indonesia kirim pemain berpengalaman

Indonesia, yang sedang mengincar untuk membawa pulang Piala Sudirman setelah 1989, akan menurunkan skuad yang mayoritas berisikan pemain berpengalaman, termasuk juara dunia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gidoen, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Peraih emas Olimpiade Greysia Polii/Apriyani Rahayu akan memimpin tim ganda putri, yang juga diperkuat oleh Siti Fadia Silva/Ribka Sugiarto.

Peraih perunggu Olimpiade Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito memperkuat tim tungga putra. Sementara Putri Kusuma Wardani yang berusia 19 tahun dan rekan sesama remaja Ester Nurumi Tri Wardoyo akan mendukung Gregoria Mariska Tunjung pada sektor tunggal putri.

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari akan memikul tanggung jawab di nomor ganda campuran.

Baca juga: PBSI jelaskan alasan pemilihan empat pemain muda ke Piala Sudirman


Denmark kekuatan penuh

Denmark memiliki skuad dengan kekuatan terbaik yang akan dipimpin oleh peraih emas Olimpiade Viktor Axelsen.

Axelsen akan didukung oleh pemain top lainnya, seperti Mia Blichfeldt (tunggal putri), Kim Astrup dan Anders Skaarup Rasmussen (ganda putra), Sara Thygesen dan Maiken Fruergaard ( ganda putri), serta Mathias Christiansen dan Alexandra Boje (ganda campuran).


Taiwan tanpa Tai Tzu Ying dan Lee Yang/Wang Chi Lin

Taiwan tidak akan mengirimkan skuad dengan kekuatan terbaiknya karena mereka tidak diperkuat oleh pemain nomor satu dunia Tai Tzu Ying dan ganda putra peraih emas Olimpiade Lee Yang/Wang Chi-Lin. Tunggal putra nomor 11 dunia Wang Tzu Wai juga tidak akan ambil bagian dalam turnamen beregu campuran ini.

Dengan demikian, tunggal putra nomor empat dunia Chou Tien Chen bakal memikul tanggung jawab sebagai kapten tim Taiwan.

Demikian pula India bakal tanpa pemain tunggal putri andalannya, yakni Pusarla V Sindhu dan Saina Nehwal.

Sementara itu, Malaysia memutuskan untuk tidak menurunkan dua ganda campuran dengan peringkat tertinggi untuk mewakili tim di Piala Sudirman 2021. Namun mereka telah memilih Hoo Pang Ron/Cheah Yee See dan Cen Tang Jie/Peck Yen Wei.

Baca juga: Program latihan sudah matang, Tim Piala Sudirman siap tanding
Baca juga: PBSI perketat persiapan tim Piala Sudirman jelang keberangkatan


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021