Semoga tunggal putri ini, terutama Putri dan Ester yang baru pertama kali ikut Piala Sudirman, bisa bermain lepas dan luar biasa
Jakarta (ANTARA) - Tim tunggal putri PP PBSI yang akan berlaga di Piala Sudirman di Finlandia, berharap bisa memberikan hasil positif pada ajang bergengsi itu meski diisi oleh pebulu tangkis muda, dengan dua dari tiga atlet merupakan pemain debutan.

Dari ketiga atlet itu, hanya Gregoria Mariska Tunjung (22 tahun) yang berpengalaman di ajang beregu. Sementara Putri Kusuma Wardani (19 tahun), dan Ester Nurumi Tri Wardoyo (17 tahun) baru pertama kali bermain di turnamen semacam ini.

"Semoga tunggal putri ini, terutama Putri dan Ester yang baru pertama kali ikut Piala Sudirman, bisa bermain lepas dan luar biasa," kata asisten pelatih tunggal putri utama Herli Djaenudin lewat keterangan resminya di Jakarta, Kamis.

Baca juga: PBSI jelaskan alasan pemilihan empat pemain muda ke Piala Sudirman

Ia menuturkan, persiapan ketiga atlet menjelang keberangkatan selalu berkembang dan sudah 90 persen. Mendekati hari pertandingan, tunggal putri lebih banyak berlatih strategi permainan, ungkapnya.

Program khusus juga terus diberikan agar tim tunggal putri bisa memberikan yang terbaik dan menyumbang angka untuk Merah Putih.

"Mereka berlatihnya sudah intensif dan fokus. Sekarang mereka sudah lebih banyak ke strategi permainan, untuk fisik dan stamina sudah diberikan sebelumnya. Programnya dengan satu lawan dua, lawan dengan tim putra juga sudah," ungkap Herli.

Tidak hanya itu, Ester yang masih berada di tim pratama sekarang menjalani latihan bersama tim utama dengan tujuan meningkatkan kualitas tenaga, pola main dan lainnya.

Baca juga: PBSI kirim 20 atlet dalam skuad Piala Sudirman 2021

Ester merasa senang sekaligus tegang setelah terpilih masuk ke dalam tim Piala Sudirman.

"Rasanya campur aduk. Senang sekaligus tegang. Senangnya karena saya masih muda tapi dipercaya untuk masuk ke dalam tim. Saya ingin mengambil pengalaman untuk ke depan," ujar Ester.

Tim Indonesia akan mengawali laga di Grup C Piala Sudirman kontra Rusia pada 26 September, dilanjut melawan Kanada pada 27 September, dan melawan Denmark 29 September. Dua terbaik grup C akan melaju ke babak perempat final.

Baca juga: Daftar tim bertabur bintang di Piala Sudirman 2021

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021