Jakarta (ANTARA) - Perusahaan elektronik asal Korea Selatan, LG Electronics Inc. telah menyelesaikan tahap pertama untuk peningkatan fasilitas manufaktur peralatan rumah tangga di basis produksi utamanya di Korea Selatan agar bisa berproduksi dengan sistem otomasi yang juga jauh lebih baik.

Dikutip dari Yonhap, Jumat, raksasa teknologi itu mengatakan bangunan produksinya yang direkonstruksi di LG Smart Park di Changwon, 400 kilometer selatan Seoul, memulai operasi tahap awal.

Perusahaan itu sebelumnya juga sudah mengumumkan bahwa mereka akan menginvestasikan dana senilai 800 miliar won untuk meningkatkan pabrik Changwon 1 menjadi fasilitas yang cerdas dan ramah lingkungan.

Perusahaan fokus pada peningkatan lini produksi di setiap bangunan di bawah atap yang sama. Ini pertama kali memasang tiga jalur produksi untuk lemari es dan pemurni air di gedung yang direkonstruksi.

LG berencana untuk mendirikan tiga lini produksi lagi untuk peralatan dapur di dalam gedung barunya dan membangun gudang yang diperbarui pada tahun 2024.

Fasilitas yang ditingkatkan menawarkan otomatisasi yang ditingkatkan di semua proses produksi, mulai dari perakitan hingga pengemasan, dan memanfaatkan data besar dan teknologi pembelajaran mendalam untuk efisiensi dan kualitas produk yang lebih baik.

Untuk meningkatkan produktivitas, LG mengatakan pihaknya juga akan meningkatkan sistem logistiknya dengan kendaraan pemandu otomatis bertenaga 5G dan sistem pengiriman suku cadang yang cerdas.

Ketika seluruh upgrade pabrik Changwon 1 selesai, LG mengatakan kapasitas produksi tahunan di pabrik mereka akan meningkat dari 2 juta unit menjadi 3 juta unit. Sistem canggih yang dimiliki oleh pabrik LG diharapkan dapat peningkatan 30 persen dalam efisiensi energi.



Baca juga: Pabrik LG di Afrika Selatan dibakar perusuh

Baca juga: Hyundai-LG investasikan 1,1 miliar dolar bangun pabrik sel baterai EV

Baca juga: LG ubah lini produksi smartphone menjadi peralatan rumah tangga

Penerjemah: Chairul Rohman
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021