Jakarta (ANTARA) - Penyelenggara Festival Film Internasional Toronto (TIFF) telah mengonfirmasi satu kasus positif COVID-19 di antara para peserta pada konferensi pers Tribute Awards yang digelar Sabtu (11/9) di Roy Thomson Hall, Kanada.

"Karena protokol COVID-19 yang ditegakkan secara ketat di semua tempat TIFF, kasus ini berisiko rendah. Namun Anda mungkin masih ingin dites untuk COVID-19," kata VP of Visitor Experience TIFF, Laura Ryan, melalui surat elektronik (surel) kepada peserta festival, dikutip dari The Hollywood Reporter pada Jumat.

Pihak festival dalam sebuah pernyataan kepada The Hollywood Reporter mengatakan seorang pengunjung memberi tahu tentang kasus positif COVID-19 kepada penyelenggara.

Medcan, konsultan kesehatan dan keselamatan COVID TIFF, menganggap kasus berisiko rendah karena protokol kesehatan telah ditegakkan secara ketat di semua tempat TIFF.

Seorang yang positif COVID-19 itu juga sempat menghadiri pemutaran film “The Humans”, “Dune”, dan “Bergman Island” dalam sesi pers dan industri di Scotiabank Theatre akhir pekan lalu.

"Sesuai protokol, TIFF telah memberi tahu individu yang menghadiri sesi pemutaran film tersebut dan memberi tahu mereka bahwa meskipun ini adalah kasus berisiko rendah, mereka mungkin ingin dites," kata penyelenggara festival.

Acara konferensi pers TIFF Tribute Awards itu menampilkan bintang papan atas Hollywood seperti Jessica Chastain, Benedict Cumberbatch, sutradara Dune Denis Villeneuve, penyanyi ikonik Dionne Warwick, dan sinematografer Ari Wegner.

Sama seperti sesi acara lain di TIFF tahun ini, semua peserta harus menunjukkan bukti vaksinasi sebagai syarat masuk ke Roy Thompson Hall dan Scotiabank Theatre. Kapasitas bioskop juga telah dibatasi dan semua tiket acara harus dipesan terlebih dahulu melalui platform tiket daring TIFF.

Varian delta COVID-19 telah membayangi seluruh penyelenggaraan festival film tahun ini. Namun festival lain, seperti Festival Film Venesia yang dimulai pada akhir Agustus dan Festival Film Telluride melaporkan tidak ada kasus COVID-19 .


Baca juga: "Dear Evan Hansen" pukau karpet merah festival film Toronto

Baca juga: Festival Film Internasional Toronto haruskan pesertanya divaksinasi

Baca juga: "Yuni" karya Kamila Andini tayang di TIFF 2021

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021