Jakarta (ANTARA) - PT Toyota Astra Motor menambahkan fitur Voice Command pada layanan digitalnya yaitu Toyota Interactive Virtual Assistant atau yang dikenal dengan TARRA, guna meningkatkan layanan kepada konsumen, sehingga pelanggan lebih mudah mengakses berbagai informasi mengenai Toyota.

“Ada pergeseran tren terhadap voice user interface karena adanya kebutuhan dari para pengguna yang menginginkan kenyamanan, kecepatan, dan kemudahan, sehingga kami berinisiatif untuk melakukan enhancement pada TARRA dengan menambahkan fitur voice command. Hal ini diharapkan dapat memberikan tidak hanya kenyamanan dan kemudahan, melainkan juga efisiensi waktu bagi para pelanggan yang ingin mendapatkan informasi produk, teknologi, maupun layanan Toyota,” kata Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, melalui keterangan tertulis, di Jakarta, Jumat.

Bagi pelanggan yang menggunakan melalui mobile apps mTOYOTA bisa memanfaatkan fitur terbaru voice command TARRA sejak 13 September 2021. TARRA merupakan chatbot dari Toyota atau Toyota Information Personal assistant.

Anton mengatakan sebagai perusahaan mobilitas, Toyota tidak hanya berkomitmen menghadirkan produk–produk dengan teknologi dan spesifikasi yang lebih baik, namun juga berbagai program yang inovatif, mudah diakses, aman, serta nyaman bagi pelanggan sebagai bagian dari total mobility solution yang merupakan visi dan semangat baru Toyota.

Sebelumnya TARRA yang dapat diakses melalui LINE, Whatsapp, Facebook Messenger, Toyota website, dan mobile apps mTOYOTA adalah layanan berbasis teks, di mana pengguna harus mengetik untuk berkomunikasi dengan TARRA.

Fitur voice assistant ini, kata dia, bisa diakses melalui Android dan iOS. Untuk memanfaatkan fitur voice command, pengguna cukup membuka mTOYOTA dan mengklik logo “TARRA” pada landing page halaman utama.

Pengguna bisa mengirimkan perintah atau memulai percakapan berupa suara, dengan panggilan “Hai, TARRA” atau “Halo TARRA” atau “Menu”. Lalu, TARRA akan menunjukkan menu utama aplikasinya.

Pengguna dapat meneruskan perintah berupa suara untuk menyampaikan suatu pertanyaan dan memilih salah satu pilihan yang muncul dalam bentuk tombol/karosel (jika ada) dengan cara klik. TARRA akan menjawab pertanyaan tersebut secara langsung melalui suara dan teks, maupun menunjukkan tombol/karosel lainnya jika ada.

TARRA tetap dapat mengerti pertanyaan dari pengguna walaupun ada suara lain, asalkan suara tersebut tidak lebih besar dari suara penggunanya. Selain itu, TARRA juga tetap bisa mengerti pertanyaan dari pengguna meskipun dengan logat daerah selama tetap menggunakan Bahasa Indonesia.

Dengan TARRA, pengguna bisa mendapatkan informasi secara cepat dan interaktif setiap hari selama 24 jam, antara lain terkait promo dan program terbaru Toyota, Info Produk (brosur, fitur, dan harga), pembelian mobil, booking servis, keunggulan mobil Toyota, simulasi kredit, informasi tentang dealer terdekat, lokasi bengkel Toyota, tips perawatan kendaraan, dan informasi lainnya.

Sejak diluncurkan pertama kali pada Maret 2019 hingga saat ini, total interaksi pengguna dengan TARRA mencapai lebih dari 1,2 juta interaksi.

Sebagian besar pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan kepada TARRA antara lain terkait lokasi bengkel Toyota, info servis yang dimiliki Toyota, info terkait produk, promo, dan lain-lain.

Selain TARRA, Toyota hadirkan layanan dalam platform digital seperti

1. Toyota official website: https://www.toyota.astra.co.id
2. Social media berupa Facebook (ToyotaID), Instagram (toyotaid), Twitter (@ToyotaID), Youtube (ToyotaIndonesia),
3. mTOYOTA yaitu mobile application yang bisa diakses pelanggan untuk mendapatkan informasi tentang Toyota
4. Toyota Live Showroom untuk melihat-lihat produk Toyota dan minta advice langsung ke Toyota advisor atau salesforce seolah-olah seperti mampir di dealernya langsung
5. Toyota juga telah mengadakan Toyota Virtual Expo agar pelanggan merasakan pameran mobil Toyota secara virtual
6. Halobeng untuk konsultasi secara online tentang perawatan kendaraan Toyota
7. Toyota Official Store Solution (TOSS) sistem terintegrasi di mana pelanggan bisa beli mobil baru, sparepart, aksesoris, atau paket servis dengan mudah, aman, dan nyaman. Kapan saja, di mana saja (saat ini baru terdapat di beberapa dealer tertentu dan akan bertambah di dealer lainnya dalam waktu dekat)


Baca juga: Toyota Indonesia bakal kembangkan desain lokal dalam GR Brand

Baca juga: Toyota Raize dan Daihatsu Rocky resmi diperkenalkan di Indonesia

Baca juga: TAF hadirkan inovasi digital hingga promo menarik di IIMS Hybrid 2021

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021