Jakarta (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyatakan, logo baru dari kementerian yang dipimpinnya diharapkan dapat membawa semangat baru dalam bekerja sehingga dapat membuat Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk rebound atau bangkit kembali.

"Mari kita bekerja dengan semangat baru, dengan logo baru, atas nama NKRI kita hidupkan NKRI yang jaya demi masa depan putra putri kita yang akan datang," kata Menteri Trenggono dalam acara peluncuran logo baru di Kantor KKP, Jakarta, Jumat.

Menurut Trenggono, saat dirinya pertama masuk ke KKP, dia melihat wajah yang sendu dan bukan yang semangat. Ia juga mendapat masukan dari salah seorang jajarannya mengenai logo kementerian yaitu berbentuk ikan yang bisa dimakan.

Baca juga: KKP buat pakan murah dan berkualitas bantu pembudidaya perikanan

Menteri Kelautan dan Perikanan berpandangan bahwa seharusnya KKP seperti dewa laut seperti Neptune yang menjaga kelautan. Ia mengungkapkan bahwa Menteri KP jangan lagi dipanggil dengan kode Paus, tetapi dipanggil Neptune.

"Saya berharap kita harus rebound, KKP harus bangkit, KKP harus hebat," katanya.

Untuk itu, dengan logo baru itu diharapkan KKP dapat menjadi kementerian yang berwibawa. Ia bangga telah mempresentasikan hal ini ke Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan yang menurut Trenggono, terkagum-kagum atas presentasi terkait dengan perubahan tersebut.

Dengan logo baru, Menteri Trenggono juga menyatakan pihaknya menjalankan program anyar yang namanya pengelolaan perikanan yang terukur, yang berbasis kepada beberapa kuota yaitu kuota untuk zona industri, kuota untuk nelayan tradisional, dan kuota untuk hobi seperti untuk aktivitas memancing.

Baca juga: Aturan PNBP KKP bangun optimisme sektor perikanan maju dan berkelanjutan

Ia menegaskan pula bahwa tidak boleh ada lagi pungutan lain selain PNBP yang sudah diatur dalam regulasi yang telah ditetapkan baru-baru ini.

Sementara itu, Sekjen KKP Antam Novambar menuturkan, proses perubahan logo tidak terjadi begitu saja, tetapi logo baru ini diperoleh dari 39 usulan, yang kemudian tersaring menjadi 10 besar, selanjutnya dikerucutkan kembali menjadi lima logo yang disosialisasikan dan akhirnya dipilih secara aklamasi 1 logo.

Logo baru KKP ini memiliki berbagai aspek, yaitu lambang negara di tengah logo yang melambangkan negara Indonesia yang kuat dan berwibawa, simbol matahari terbit yang memiliki arti yang terlahir kembali, kemudian simbol keberlanjutan dalam mengelola sumber daya di negara Republik Indonesia untuk kesejahteraan rakyat.

Selain itu, ada pula simbol jangkar yang kukuh dimaknai sebagai keteguhan hati dalam menjaga nilai-nilai keadilan dan kemanusiaan semua atas dasar kesetaraan tanpa memandang perbedaan, trisula yang diartikan sebagai kekuatan integritas yang menjaga wilayah kelautan dan perikanan di seluruh NKRI.

Terakhir, ada pula ombak laut yang merupakan simbol bahari yang juga mempunyai filosofi kebaikan dalam hidup serta sebagai simbol keikhlasan karena selalu konsisten membasahi apapun yang ia lewati tanpa pernah mengharapkan apapun.

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021