BAKTI pastikan sinyal telekomunikasi jelang WSBK kualitas prima

BAKTI pastikan sinyal telekomunikasi jelang WSBK kualitas prima

Foto udara tikungan ke-10 lintasan Mandalika International Street Circuit saat matahari terbit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (21/8/2021). ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/aww.

..kami akan menyiapkan sebanyak 751 titik layanan internet gratis yang diperuntukkan bagi layanan publik seperti sekolah, kesehatan, kantor pemerintahan, kantor pos TNI Polri dan sebagainya,
Mataram (ANTARA) - Direktur Umum Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo, Anang Achmad Latif memastikan sinyal telekomunikasi di kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat, berkualitas prima menjelang ajang World Superbike (WSBK), 12-14 Nopember 2021.

"Operator seluler dalam hal ini Telkomsel, XL dan operator lainnya sudah menyuplai berbagai layanan internet 4G dengan menyediakan lebih dari 300 Base Transceiver Station (BTS) layanan jaringan 3G dan sebanyak 393 BTS untuk layanan jaringan internet 4G," ujarnya dalam keterangan tertulis diterima wartawan di Mataram, Jumat.

Ia menyatakan, dengan sudah mumpuninya sinyal telekomunikasi tersebut, maka dapat dipastikan layanan telekomunikasi dengan kualitas prima di kawasan Mandalika sudah siap jadi tuan rumah event WSBK tahun ini dan MotoGP tahun depan.
Baca juga: Mandalika butuh 1,25 juta dosis vaksin COVID-19 untuk WSBK

Menurutnya, saat ini terdapat 55 BTS yang tersebar di seluruh wilayah NTB. Sedangkan tahun ini, BAKTI sedang dalam tahapan pembangunan 35 BTS dengan layanan jaringan internet 4G. Diantara 35 BTS tersebut, terdapat sembilan BTS yang dibangun di kawasan Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah.

Selain pembangunan BTS 4G di Mandalika, BAKTI juga menyiapkan layanan WiFi atau akses internet gratis di 176 lokasi baru yang melengkapi 575 titik badan publik di seluruh NTB. Layanan itu akan menggunakan teknologi kabel serat optik, super WiFi dengan jarak 500 meter jangkauan bahkan sebagian besar menggunakan akses langsung dari satelit.

"Jadi totalnya, kami akan menyiapkan sebanyak 751 titik layanan internet gratis yang diperuntukkan bagi layanan publik seperti sekolah, kesehatan, kantor pemerintahan, kantor pos TNI Polri dan sebagainya," terangnya pada kegiatan roadshow program sosialisasi BAKTI di Mandalika dengan dengan tema "Menuju Indonesia Digital 2024: BAKTI bangun Negeri yang digelar secara virtual.
Baca juga: Menteri ESDM pastikan pasokan listrik Mandalika siap untuk WSBK

Sementara itu, Sekda NTB, H Lalu Gita Ariadi mengakui, laju pembangunan infrastruktur dari kementerian dan lembaga untuk mendukung event-event internasional di NTB terus ditingkatkan. Baik percepatan pembangunan infrastruktur jalan, aksesibilitas jaringan telekomunikasi, sarana prasarana serta berbagai fasilitas mendukung lainnya.

"Tentu hal ini akan membangkitkan semangat kami sebagai tuan rumah untuk menyambut WSBK pada 12-14 November tahun ini," jelas Sekda.

Untuk itu, Miq Gita sapaan akrabnya berharap dengan adanya jaringan internet yang mumpuni yang telah dikembangkan oleh Kementerian Kominfo melalui BAKTI dan operator seluler lainnya tentu masyarakat berharap tidak ada lagi are blank spot di seluruh pelosok NTB.

"Karena kami yakin, para wisatawan tidak hanya menonton WSBK atau MotoGP. Tetapi mereka juga akan menikmati keindahan alam dan budaya yang tersebar di seluruh pelosok NTB," katanya.

Baca juga: Kemenko Marves terus dorong percepatan persiapan gelaran di Mandalika
Baca juga: Kemenhub komitmen mendukung World Superbike di sirkuit Mandalika
Baca juga: Bamsoet apresiasi progres persiapan WSBK di Sirkuit Mandalika

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Vaksinasi masyarakat maritim di Pulau Mandangin

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar