Festival Foodprenuer Bersinar berlangsung hingga akhir September

Festival Foodprenuer Bersinar berlangsung hingga akhir September

Jumpa pers virtual Festival Foodprenuer Bersinar pada Jumat (17/9/2021) (ANTARA/Maria Cicilia Galuh)

Jakarta (ANTARA) - Sunlight menghadirkan Festival Foodprenuer Bersinar yang bertujuan untuk menginspirasi dan mengoptimalkan potensi perempuan Indonesia untuk menjadi pengusaha kuliner yang handal dan berdaya.

Festival yang menjangkau hampir 25.000 pengusaha UMKM di sektor kuliner ini diselenggarakan atas kolaborasi Sunlight bersama dengan Tokopedia.

Dalam program ini, para UMKM kuliner tidak hanya diberikan wadah untuk berjualan dan mempromosikan produknya, tetapi juga dibekali serangkaian edukasi yang berguna dalam mengembangkan usaha kulinernya.

Baca juga: UMKM makanan minuman Indonesia siap tingkatkan ekspor ke Korea Selatan

Anggya Kumala selaku Head of Dishwash Category Unilever Indonesia mengatakan bahwa tahun ini bukan kali pertama Sunlight mendukung perempuan Indonesia untuk bisa lebih berdaya melalui usaha kuliner.

"Sunlight berkomitmen untuk menjangkau 5 juta perempuan hingga tahun 2022 melalui kegiatan edukatif yang mendorong potensi mereka menjadi pengusaha kuliner, dan program Festival Foodpreneur Bersinar ini merupakan wujud nyata dari komitmen Sunlight serta merupakan kelanjutan dari serangkaian upaya pemberdayaan perempuan yang telah secara konsisten dilakukan sejak lama," ujar Anggya dalam jumpa pers "Festival Foodpreneur Bersinar", Jumat.

Rangkaian program Festival Foodpreneur Bersinar berlangsung sejak bulan Juli 2021, di mana semua pelaku UMKM kuliner di Tokopedia diundang untuk mengikuti acara ini. Selanjutnya di bulan Agustus dilaksanakan rangkaian kelas edukasi dan pengembangan bisnis.

Puncak acara ini adalah Festival Foodpreneur Bersinar yang berlangsung selama bulan September di Tokopedia Nyam. Sebanyak 25.000 UMKM yang turut serta dalam festival ini akan dibekali serangkaian akses pengetahuan mengenai pengembangan bisnis kuliner mulai dari kelas food photography hingga tips dan trik berjualan makanan.

Bekerjasama dengan Amartha, Sunlight juga akan meningkatkan kompetensi kewirausahaan para UMKM perempuan di bidang kuliner melalui pendampingan program digitalisasi.

Selain itu, hampir 4.000 UMKM kuliner dalam Tokopedia Nyam akan dipromosikan secara khusus selama Festival Foodpreneur Bersinar berlangsung, sehingga diharapkan lebih banyak lagi masyarakat yang mengenal dan menikmati produk kuliner mereka.

"Kolaborasi antara Tokopedia dengan Sunlight melalui program Festival Foodpreneur Bersinar sejalan dengan komitmen kami untuk mengakselerasi adopsi platform digital bagi sebanyak-banyaknya pegiat usaha, termasuk perempuan pegiat UMKM lokal dari industri kuliner, terutama di tengah pandemi," kata Pranidhana Mahardhika, Head of Category Development (FMCG) Tokopedia.

Pranidhana berharap semakin banyak pihak yang memiliki semangat yang sama dalam membantu UMKM lokal untuk bangkit bersama dan terus berkontribusi memulihkan ekonomi Indonesia yang saat ini terdampak pandemi.

Terbukti, sektor kuliner merupakan salah satu sektor yang terus digemari masyarakat bahkan di tengah pandemi. Tokopedia sendiri mencatat jumlah transaksi lewat Tokopedia Nyam meningkat lebih dari 5 kali lipat selama kuartal II/2021 jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Selain menghadirkan program Festival Foodpreneur Bersinar, Sunlight dan Tokopedia juga meluncurkan Sunlight edisi khusus "Bangga UMKM". Desain produk yang dihadirkan terinspirasi dari berbagai kuliner nusantara, dan edisi khusus ini akan tersedia pada akhir bulan September.

Baca juga: Enam keluarga menangkan kompetisi SLC Unilever

Baca juga: Maraknya kuliner luar negeri, tantangan Gibran geluti "foodpreneur"

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

PB Peparnas gelar pelatihan bagi UMKM makanan olahan sagu

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar