Jakarta (ANTARA) - PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk bekerjasama dengan perusahaan teknologi PT Fortress Data Services (FDS) untuk meningkatkan kualitas layanan perbankan bagi nasabahnya

Bersama FDS, melalui penggunaan teknologi Amazon Web Services (AWS), Bank Banten mempersiapkan pondasi transformasi, baik bagi nasabah hingga operasional perbankan untuk di masa yang akan datang.

Direktur Utama Bank Banten Agus Syabarrudin dalam keterangan di Jakarta, Jumat, mengatakan, perseroan memiliki misi menjadi salah satu bank pembangunan daerah yang memberikan layanan yang mumpuni dan memudahkan nasabah dalam bertransaksi serta mengakses produk keuangan, sehingga peluang untuk pengembangan bisnis semakin besar.

"Di Bank Banten, kami berusaha untuk memenuhi kebutuhan layanan finansial nasabah. Kami melakukan transformasi untuk menyediakan produk dan layanan keuangan serta mengoptimalkan layanan ke nasabah-nasabah. Kami percaya bahwa, kerjasama dengan FDS akan mendapatkan nilai lebih atau added value bagi perusahaan," ujar Agus.

Untuk dapat melaksanakan misi tersebut, lanjut Agus, emiten berkode saham BEKS itu menyasar kolaborasi dengan institusi pendidikan, institusi kesehatan, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan pelaku industri di Banten untuk mengembangkan ekosistem keuangan di Banten.

"Dengan mempersiapkan pondasi dalam pelaksanaan transformasi serta implementasi solusi layanan keuangan yang flexible dan scalable berbasis teknologi, kami bertujuan untuk memastikan inklusi keuangan yang lebih besar di daerah Banten dan menjadikan Bank Banten lebih berdaya saing tinggi seperti bank pada umumnya di masa yang akan datang," kata Agus.

Direktur Utama FDS Sutjahyo Budiman menyampaikan, selain transformasi, kerjasama antara pelaku UMKM dan Bank Banten merupakan poin penting untuk pengembangan ekosistem keuangan di daerah Banten. Transformasi di institusi keuangan merupakan kunci keberhasilan untuk menjalankan strategi tersebut sehingga Bank Banten dapat mewujudkan misinya untuk meningkatkan perekonomi daerah.

FDS sendiri menggunakan AWS untuk mengimplementasikan sistem transformasi di Bank Banten.

"Sebagai platform yang komprehensif dan diadopsi secara luas di dunia, AWS menyediakan layanan yang memungkinkan perusahaan jasa keuangan untuk mempercepat proses tujuan transformasi," ujar Sutjahyo.

Country Manager AWS Indonesia Gunawan Susanto mengapresiasi kerja sama Bank Banten dan FDS. Ia mengatakan, AWS menyediakan layanan kepada institusi keuangan, perbankan, pembayaran, pasar modal dan asuransi, dengan infrastruktur dan layanan yang aman dan tangguh yang dibutuhkan oleh industri tersebut, untuk membedakan mereka hari ini dan beradaptasi dengan kebutuhan yang akan datang.

"Kami bangga dapat bekerjasama dengan FDS serta membantu Bank Banten dalam menjalankan proses untuk memodernisasi infrastrukturnya, memenuhi perubahan perilaku dan keinginan nasabah, dan mendorong pertumbuhan bisnis di Banten dan sekitarnya," ujar Gunawan.


Baca juga: Bank Banten lakukan pengembangan layanan transaksi digital

Baca juga: Bank Banten raih penghargaan Infobank Digital Brand Award 2021


Baca juga: Bank Banten siap akselerasi transformasi digital

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021