Rayakan HUT ke-76, PMI harap bertransformasi dengan layanan digital

Rayakan HUT ke-76, PMI harap bertransformasi dengan layanan digital

Palang Merah Indonesia mengunjungi makam Proklamator Bung Hatta di TPU Tanah Kusir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (17/9/2021). ANTARA/Sihol Hasugian)

Jakarta (ANTARA) - Pimpinan Palang Merah Indonesia (PMI) mengharapkan dapat bertransformasi melalui layanan teknologi digital untuk pengelolaan berbagai program secara optimal bertepatan dengan lembaga sukarela itu memasuki usia ke-76 tahun.

"Ini kan sedang memasuki era digital, jadi kita akan ikuti digital, bagaimana fund raising dilakukan secara digital, bagaimana pengelolaan proyek-proyek yang tersebar di seluruh Indonesia dilakukan digital," kata Sekretaris Jenderal PMI Sudirman Said di TPU Tanah Kusir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat.

Baca juga: Ikatan Alumni Pelajar pecahkan rekor MURI vaksin 36 ribu warga Jakut

Sudirman mengatakan pihaknya juga sedang melakukan modernisasi organisasi untuk dapat melayani masyarakat secara optimal.

Di samping meneruskan pelayanan, kata dia, PMI juga membangun kapasitas manajerial dan sebuah sistem yang diintegrasikan menjadi satu sistem yang berbasis teknologi informasi.

Mantan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) itu juga mengajak para generasi muda untuk bergabung bersama PMI bergerak dalam kesukarelawanan.

"Kita ingin mengundang generasi pemuda Indonesia sebanyak-banyaknya masuk dalam gerakan palang merah, karena palang merah bergerak karena kerelawanan," ungkap Sudirman.

Baca juga: Masyarakat di Jakarta Selatan diajak dukung bulan dana PMI

Adapun pada perayaan HUT ke-76 itu, pimpinan Palang Merah Indonesia mengunjungi makam Proklamator Bung Hatta untuk mengenang dan meneladani prinsip dalam melayani masyarakat.

"Bung Hatta adalah ketua pertama PMI. Beliau menjabat setahun, lalu diserahkan ke dr Guntara, tetapi hari ini kami ingin mengenang, meneladani, dan mencontoh prinsip hidup Bung Hatta," ujar Sudirman.

Ia pun mengharapkan prinsip kesederhanaan, pelayanan kepada kemanusiaan, dan juga perjuangan yang ditunjukkan Bung Hatta selama hidupnya dapat menginspirasi PMI.

"Dan itu Insya Allah menjadi sumber inspirasi bagi teman-teman PMI untuk terus bergerak, melayani warga dalam situasi apapun," tuturnya.

Baca juga: PMI Kepulauan Seribu bantu semprotkan disinfektan di sekolah

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BP2MI sebut PMI percepat pemulihan ekonomi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar