Jakarta (ANTARA) - Manchester City cuma punya stok dua bek tengah untuk laga pekan kelima Liga Inggris menjamu Southampton di Etihad, Sabtu malam nanti, setelah Pep Guardiola memastikan kondisi John Stones dan Aymeric Laporte belum cukup bugar.

Kedua bek tersebut juga sebelumnya absen saat City menghadapi RB Leipzig dalam pertandingan Liga Champions tengah pekan lalu, setelah kembali dari jeda internasional dalam keadaan membawa cedera.

"Mereka cedera. Cedera otot. John Stones tidak bermain dengan kami, kemudian tampil 90 menit untuk tim nasional dan kembali dalam keadaan cedera," kata Guardiola dalam jumpa pers yang disiarkan laman resmi City, Jumat malam tadi.

"Sedangkan Laporte kembali dengan sedikit masalah. Ia mengajukan diri untuk main lawan Leicester City, di mana dia tampil luar biasa, tetapi setelah pertandingan masalahnya memburuk dan kami tidak mau ambil risiko," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Guardiola seru pendukung City agar penuhi Etihad

Bahkan Guardiola memperkirakan Stones dan Laporte masih belum cukup bugar untuk dua pertandingan City pekan depan, yakni menghadapi tim kasta ketiga Wycombe Wanderers dalam Piala Liga Inggris dan bertandang ke markas Chelsea untuk Liga Inggris.

Dengan demikian stok bek tengah City hanya tersisa Ruben Dias dan Nathan Ake, yang tengah pekan kemarin sempat mengumumkan kabar duka kepergian ayahnya selepas mencetak gol lawan Leipzig.

Guardiola meyakini Ake akan tetap siap tampil menghadapi Southampton, tetapi ia menegaskan klub akan memberi dukungan apabila bek asal Belanda itu membutuhkan.

"Nathan sudah memperlihatkan karakternya. Kami tentu prihatin dan sedih. Bela sungkawa kami untuk ibu, kakak, tunangan serta keluarga mereka," katanya.

"Yang bisa saya katakan, kami selalu ada untuk mendukungnya. Tapi saya cukup yakin besok dia siap bermain dan berjuang bersama tim," tutup Guardiola.

City saat ini menempati posisi kelima klasemen dengan raihan sembilan poin dari tiga kemenangan beruntun setelah sempat dikalahkan Tottenham Hotspur dalam laga pembuka musim.

Baca juga: Jadwal Liga Inggris pekan ini: Tottenham vs Chelsea, MU temui West Ham
Baca juga: Vieira tegaskan Crystal Palace sambangi Anfield tanpa rasa gentar
Baca juga: Tuchel: Rudiger tidak punya banyak alasan untuk tinggalkan Chelsea

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021