Produk unggulan Indonesia merambah mal terbesar Afrika Selatan

Produk unggulan Indonesia merambah mal terbesar Afrika Selatan

ITPC Johannesburg dan KBRI Pretoria menampilkan dan mempromosikan produk Indonesia di salah satu mal terbesar di Afrika Selatan, Sandton City, dengan mengadakan in-store promotion selama sepekan pada 14–20 September. (ANTARA/HO-KBRI Pretoria)

Tujuan kami mengadakan in-store promotion adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat Afrika Selatan terhadap produk-produk Indonesia di Afrika Selatan
Jakarta (ANTARA) - Produk-produk unggulan Indonesia dipromosikan di salah satu mal terbesar di Afrika Selatan, Sandton City, dengan mengadakan in-store promotion (promosi di dalam pertokoan selama sepekan pada 14–20 September.

Promosi tersebut dilaksanakan oleh Pusat Promosi Perdagangan Indonesia (ITPC) di Johannesburg dan didukung oleh Kedutaan Besar RI di Pretoria, menurut keterangan KBRI Pretoria yang diterima di Jakarta, Sabtu.

ITPC Johannesburg dan KBRI Pretoria menampilkan produk Indonesia yang sudah masuk di pasar Afrika Selatan, antara lain mie instan, biskuit, minuman kelapa, obat-obatan, produk kecantikan dan perawatan rambut, produk ban dan aksesoris kendaraan bermotor, perabot, dan beberapa produk-produk unggulan lainnya.

"Tujuan kami mengadakan in-store promotion adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat Afrika Selatan terhadap produk-produk Indonesia di Afrika Selatan," ujar Duta Besar RI untuk Afrika Selatan Salman Al Farisi.

Baca juga: Peringati 25 tahun hubungan dengan Afsel, Indonesia luncurkan buku

Kegiatan promosi produk-produk Indonesia itu, menurut pihak KBRI Pretoria, secara umum mendapatkan tanggapan positif dari pengunjung mal Sandton City.

Beberapa pengunjung menyampaikan bahwa mereka sebenarnya telah lama menggunakan produk-produk Indonesia meskipun baru menyadari bahwa produk tersebut adalah buatan Indonesia.

Selain menampilkan produk yang telah berada di pasar Afrika Selatan, Indonesia juga mempromosikan produk-produk yang belum masuk pasar Afsel baik dari produk makanan dan minuman, produk kecantikan, produk kesehatan, kerajinan tangan, kopi, dan alat pelindung diri (APD) termasuk masker.

Selain menampilkan produk, ITPC dan KBRI juga membagikan sampel untuk produk mie instan dan kopi.

Baca juga: Indonesia tunjuk Konhor di Durban, perkuat hubungan dengan Afsel

"Kami juga mengharapkan dapat menjaring calon pembeli dari pelaksanaan in-store promotion ini, mengingat belum adanya pameran fisik yang dilaksanakan di Afsel sehingga calon pembeli dapat langsung melihat dan mencoba produk Indonesia," kata Kepala ITPC Johannesburg Anggun Paramita Mahdi.

Dia berharap kegiatan promosi itu juga dapat meningkatkan kerja sama perdagangan Indonesia-Afrika Selatan.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan Afsel, total impor Afsel dari Indonesia pada 2020 mencapai sebesar 688,9 juta dolar AS.

Selama kegiatan promosi produk unggulan itu, KBRI Pretoria juga menampilkan tarian tradisional Indonesia sebagai salah satu upaya untuk mempromosikan keindahan budaya Indonesia.

Baca juga: Indonesia-Afrika Selatan dirikan perusahaan kemitraan tekstil

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Mendorong promosi dan kreativitas furnitur Indonesia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar