Ternate (ANTARA) - Pelatih cabang olahraga atletik Maluku Utara (Malut) untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Bahrin Omamoy menargetkan atletnya meraih medali menyusul hasil evaluasi dan persiapan yang sangat memuaskan.

"Kami telah melakukan evaluasi untuk bertanding di PON XX Papua. Meskipun hanya mewakilkan satu atlet Irwandi Fokatea yang telah mempersiapkan diri secara matang sehingga target meraih medali di PON Papua bisa terealisasi," kata Bahrin Omamoy di Ternate, Sabtu.

Bahrin menjelaskan Irwandi Fokatea akan berlomba untuk nomor lari 1500 meter putra dan dia akan berangkat ke Papua pada 1 September 2021.

Persiapan selama dua tahun untuk berpartisipasi di PON XX Papua ini dan hal itu merupakan dorongan kuat sehingga target meraih medali untuk Malu bisa dicapai.

Sementara itu Irwandi Fokatea ketika dihubungi menyatakan bahwa lawan yang dia anggap terkuat yakni Ridwan dari Nusa Tenggara Barat dan atlet DKI Jakarta Bila Bilano.
 
Irwandi Fokatea (kiri) saat bersama pelatih Bahrin Omamoy untuk persiapan PON XX Papua (Antara/Abdul Fatah)


Irwandi pernah mengikuti POPDA Provinsi Malut mewakili Kota Ternate dan berhasil menyumbangkan dua emas untuk Kota Ternate.

Atas prestasi itu, Irwandi langsung ditarik ke Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga (PPLP) Sofifi untuk mengasah kemampuannya di olahraga atletik ini.

Prestasi lainnya pada tahun 2017 membawa Malut meraih medali emas, kemudian saat mengikuti Kejurnas di Bangka Belitung juga berhasil menyumbang medali perak lari jarak 800 meter serta medali emas untuk lari jarak 1500 meter.

Sementara pada Kejurnas Bogor pada tahun 2019, dia meraih medali perunggu untuk nomor lari 800 meter dan 1.500 meter. Kini dia menjadi satu-satunya alet asal Provinsi Malut untuk cabang atletik di PON Papua 2021 khusus lari jarak 1.500 meter putra.

Baca juga: Dua prajurit TNI perkuat tim atletik Kalbar pada PON Papua
Baca juga: Aceh targetkan medali emas nomor lari 400 meter putra di PON Papua
Baca juga: Pengprov PASI Jambi targetkan emas PON Papua lewat nomor jalan cepat
Baca juga: Sprinter Aceh Burhan Wardani targetkan medali di PON XX Papua

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021