Kawasan Setu Babakan belum dibuka untuk pengunjung

Kawasan Setu Babakan belum dibuka untuk pengunjung

Sejumlah warga setempat sedang berolahraga di Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan Jakarta Selatan, Sabtu (18/9/2021). ANTARA/Sihol Hasugian

Hingga saat ini belum dibuka
Jakarta (ANTARA) - Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan Jakarta Selatan, belum membuka layanan untuk masyarakat umum karena belum adanya keputusan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di Ibu Kota.

"Hingga saat ini belum dibuka. Kalau dibuka, pasti akan uji coba dulu. Saat ini kita masih mengacu pada Keputusan Gubernur Terbaru Terkait PPKM Level 3 pada 14-20 September 2021," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Sub Bagian Tata Usaha Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi (UPK PBB) Setu Babakan, Bayu Permana saat ditemui di lokasi, Sabtu.

Meski demikian, kata Bayu, pihaknya sudah menyiapkan berbagai fasilitas yang dipersyaratkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terkait pembukaan tempat wisata di masa pandemi.

"Untuk pindai kode batang (barcode) sudah disiapkan dan fasilitas lainnya sedang dilengkapi," kata dia.

Kendati belum dibuka untuk pengunjung, lanjut Bayu, salah satu tempat di kawasan Setu Babakan saat ini digunakan sebagai sentra vaksinasi untuk mendukung kekebalan komunal di tengah masyarakat.

Baca juga: Pengelola Setu Babakan sosialisasikan penerapan prokes secara terbatas

Menurut dia, dalam pelayanan vaksinasi, petugas memastikan setiap warga yang memasuki kawasan hanya untuk menjalani vaksinasi, bukan untuk berwisata di sekitar lokasi.

"Kita batasi agar tidak terjadi kerumunan, lalu petugas kita memastikan mereka tidak melakukan kegiatan di luar sentra vaksinasi," katanya.

Salah satu petugas keamanan yang enggan disebutkan namanya saat ditemui, mengaku bahwa sejak pagi hari, sejumlah warga berdatangan karena mengira operasional Setu Babakan sudah dibuka untuk umum.

“Itu tadi ada beberapa yang datang berhenti di pintu gerbang, mereka kira sudah dibuka karena lihatnya di internet. Lalu kami sampaikan kalau sampai saat ini belum dibuka," kata dia.

Sebelumnya, Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) Industri Pariwisata Disparekraf DKI Jakarta Iffan menyebutkan bahwa Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan juga direncanakan uji coba setelah mendapatkan kode batang PeduliLindungi sebagai syarat pertama operasional tempat wisata pada masa PPKM ini.

Baca juga: Pengelola Setu Babakan lakukan persiapan untuk ujicoba operasional

Namun hingga saat ini, belum ada keputusan lebih lanjut dari Pemprov DKI untuk mulai melalukan uji coba pembukaan Setu Babakan bagi pengunjung.

"Kita tetap mengacu pada keputusan Pemda. Kalau ada keputusan kita siap, tentu kita juga melakukan persiapan," kata Bayu.

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ikuti PPKM, Setu Babakan batasi pengunjung hanya 25 % kapasitas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar