Jakarta (ANTARA) - Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) Kemayoran terus melakukan pembenahan dan pengembangan kawasan untuk menjadi bagian dari "Jakarta Smart City".

PPK Kemayoran berkontribusi dalam setiap penyediaan layanan, termasuk pemanfaatan Wisma Atlet sebagai Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC).

Direktur Perencanaan dan Pembangunan PPK Kemayoran, Riski Renando mengatakan, PPK Kemayoran terus memberikan sumbangsihnya dengan mendukung pemanfaatan RSDC dalam menangani persoalan COVID-19.

"Sebagai pengelola kawasan, kami selalu mendukung pemanfaatan RSDC Wisma Atlet Kemayoran untuk terus berkontribusi dalam penanganan COVID-19," kata Riski dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Kontribusi dilakukan dengan penyediaan air serta jalur utilitas air dan listrik serta turut mengerahkan tim swakelola kebersihan dalam pembersihan kawasan sekitar RSDC.

Selain itu, penyediaan lahan parkir dan beberapa tenaga pendukung di area RSDC hingga koordinasi bersama pemerintah daerah dan Kepolisian. Berbagai saling mendukung dalam berbagai upaya terkait pemanfaatan dan keamanan kawasan Kemayoran sebagai lokasi Rumah Sakit Darurat COVID-19.

RSDC merupakan Wisma Atlet Kemayoran yang terletak di lahan PPK Kemayoran, tepatnya di Blok D-10. Wisma ini dulunya khusus digunakan untuk perhelatan Asian Games 2018.

Baca juga: RSDC Wisma Atlet tetap bersiaga meski hunian turun jadi 12,69 persen
Baca juga: Panglima beri restu pada relawan RSDC Wisma Atlet jadi prajurit TNI
Sejumlah pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 bermain bola basket di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Selasa (17/8/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww. 

Wisma ini resmi dialihfungsikan sebagai RSDC sejak 23 Maret 2020 dan jumlah pasien yang telah dirujuk ke RSDC mencapai 127.459 orang.

RSDC Kemayoran ini terdiri atas 10 menara 
(tower) dengan total 7.426 unit.

Sepuluh menara tersebut tidak hanya digunakan untuk pasien terkonfirmasi COVID-19 namun juga untuk ribuan tenaga kesehatan yang berperan penting dalam penanganan COVID -19 di RSDC Wisma Atlet Kemayoran.

Untuk para pasien dirawat di tower 5,6 dan 7. Selain itu, sejumlah fasilitas lain juga disediakan di RSDC ini antara lain ruang laboratorium, farmasi, radiologi hingga ICU.

Khusus untuk merawat repatriasi atau Pekerja Migran Indonesia (PMI), pemerintah juga menggunakan Wisma Atlet di Blok C2 lahan PPK Kemayoran yang terletak di wilayah Pademangan menggunakan tower 8, 9 serta 10.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021