Jakarta (ANTARA) - Pebalap Ducati Francesco Bagnaia menerjemahkan kecepatannya sejak sesi latihan bebas menjadi pole position untuk Grand Prix San Marino ketika ia memecahkan rekor Sirkuit Misano di babak kualifikasi, Sabtu.

Dengan catatan 1:31,065 Bagnaia mengklaim pole position ketiganya musim ini, mengalahkan lap terbaik sebelumnya yang dicatatkan oleh Maverick Vinales (1:31,077) ketika masih membalap untuk Yamaha.

Jack Miller terpaut 0,249 detik dari rekan satu timnya itu demi membawa dua motor Ducati start terdepan, sementara pemuncak klasemen sementara Fabio Quartararo harus puas di P3 setelah terjatuh di upaya time attack terakhirnya, demikian laman resmi MotoGP.

Baca juga: Bagnaia jaga momentum, tercepat di FP3 GP San Marino

Dengan hasil itu, Quartararo juga mempertahankan tren positif pada kualifikasi dengan 13 kali start dari baris terdepan dari 14 balapan musim ini.

Duet tim Pramac Ducati, Jorge Martin dan Johann Zarco melengkapi posisi lima besar di depan dua pebalap Repsol Honda, Pol Espargaro dan Marc Marquez, yang terjatuh saat mencoba mengambil keuntungan melaju di belakang Bagnaia.

Aprilia mengirimkan dua wakilnya langsung ke Q2 ketika Aleix Espargaro mengamankan P8 dan Maverick Vinales akan start dari P10.

Sementara Suzuki lagi-lagi tak bisa menemukan kecepatan yang dibutuhkan di kualifikasi, ketika Alex Rins dan Joan Mir hanya mampu finis P9 dan P11.

Bagnaia tiba di sirkuit kampung halamannya dan kandang dari Ducati itu dengan motivasi tinggi menyusul kemenangan perdana sang pebalap Italia pada kelas premier ketika dia menahan gempuran Marc Marquez sedari start terdepan di Aragon pekan lalu.

Sementara Quartararo berharap bangkit dari masalah ban belakang yang dialaminya di Aragon untuk menjaga keunggulan 53 poin dari Bagnaia yang membayangi pada peringkat dua.

Baca juga: GP San Marino: Cuaca buruk di FP2, Vinales masih pegang kendali

Juara dunia bertahan Joan Mir naik podium pekan lalu, namun sang pebalap Suzuki masih mengincar kemenangan pertamanya musim ini.

Balapan di Misano juga akan menjadi hari yang emosional bagi pendukung tuan rumah ketika Valentino Rossi menjalani penampilan penultimanya di sirkuit yang berjarak hanya 10 km dari rumahnya itu sebelum pensiun akhir musim.

Rossi meneruskan tradisinya mengenakan helm berlivery spesial, kali ini dengan desain pita merah jambu dengan latar putih, di sirkuit dekat rumahnya itu.

Namun, The Doctor harus menelan kecewa ketika hanya mampu start dari P23 setelah terjatuh di Q2.

Pebalap berusia 42 tahun asal Italia itu memiliki lima balapan tersisa sebelum menutup kariernya dengan tujuh gelar juara dunia MotoGP dan menjadikan dia ikon di Italia.

Balapan terakhir di kampung halaman Rossi akan digelar bulan depan bertajuk Grand Prix Made in Italia yang juga digelar di Misano.

Baca juga: Vinales kuasai trek basah Misano di FP1 GP San Marino

Grand Prix San Marino akhir pekan ini juga diwarnai kembalinya Franco Morbidelli dan Andrea Dovizioso setelah kedua pebalap mendapat kontrak baru dari Yamaha.

Setelah menjalani bedah lutut kirinya Juni dan melewatkan lima balapan musim ini, Morbidelli dipromosikan ke tim pabrikan Yamaha menggantikan Maverick Vinales yang hengkang tengah musim.

Sedangkan Dovizioso, yang meneken kontrak dengan Yamaha hingga 2022, mendapat tugas lebih dini sebagai tandem Valentino Rossi di tim satelit SRT menyelesaikan lima balapan tersisa musim ini.

Morbidelli bakal start dari P16 sedangkan Dovi di posisi buncit P24.

Dua pebalap wilcard bakal meramaikan balapan seri ke-14 di kalender itu ketika Honda menurukan tes rider Stefan Bradl dan Ducati menugasi kembali Michele Pirro.

Baca juga: Rossi sambut hangat Dovizioso sebagai rekan barunya di SRT

Hasil kualifikasi GP San Marino
1 Francesco Bagnaia Ducati Team (GP21)
2 Jack Miller Ducati Team (GP21)
3 Fabio Quartararo Monster Yamaha (YZR-M1)
4 Jorge Martin Pramac Ducati (GP21)
5 Johann Zarco Pramac Ducati (GP21)
6 Pol Espargaro Repsol Honda (RC213V)
7 Marc Marquez Repsol Honda (RC213V)
8 Aleix Espargaro Aprilia Gresini (RS-GP)
9 Alex Rins Suzuki Ecstar (GSX-RR)
10 Maverick Viñales Aprilia Gresini (RS-GP)
11 Joan Mir Suzuki Ecstar (GSX-RR)
12 Enea Bastianini Avintia Ducati (GP19)
13 Takaaki Nakagami LCR Honda (RC213V)
14 Michele Pirro Ducati Team (GP21)
15 Luca Marini VR46 Avintia Ducati (GP19)
16 Franco Morbidelli Monster Yamaha (YZR-M1)
17 Brad Binder Red Bull KTM (RC16)
18 Stefan Bradl HRC (RC213V)
19 Alex Marquez LCR Honda (RC213V)
20 Iker Lecuona KTM Tech3 (RC16)
21 Miguel Oliveira Red Bull KTM (RC16)
22 Danilo Petrucci KTM Tech3 (RC16)
23 Valentino Rossi Petronas Yamaha (YZR-M1)
24 Andrea Dovizioso Petronas Yamaha (YZR-M1)
* Rookie

Baca juga: Quartararo berharap bangkit di Misano

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021