Jakarta (ANTARA News) - Sekitar 1.000 nelayan Muara Angke Jakarta Utara merayakan malam tahun baru bersama di Pusat Pelelangan Ikan kampung nelayan itu, Jumat malam.

Perayaan tahun baru yang dimulai sejak pukul 19.30 WIB itu dimeriahkan panggung hiburan dengan menampilkan artis-artis KDI.

Kadis Kelautan dan Pertanian Pemprov DKI Jakarta, Nugroho Samsubagyo disela-sela acara tersebut mengatakan, tujuan penyelenggaraan tahun baru bersama itu untuk menghibur para nelayan yang tengah dilanda paceklik.

"Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kami terhadap para nelayan yang tengah menghadapi musim barat, paceklik," katanya.

Nugroho menambahkan,"daripada mereka (nelayan-red) jauh-jauh merayakan tahun baru ke Ancol atau Monas, lebih baik disini, menghemat pengeluaran,".

Nugroho yang juga menjabat Kepala UPT Pengelola Pelabuhan Perikanan dan Pangkalan Pendaratan Ikan Muara Angke mengatakan, acara malam tahun baru itu baru kali pertama diadakan.

"Kami berharap, ini dapat diselenggarakan setiap tahun sehingga bisa menghibur para nelayan," katanya.

Selain panggung hiburan, acara malam tahun bagi nelayan itu juga dimeriahkan beberapa permainan kecil seperti sepak bola mini dan golf mini.

Kepala Komunitas Cinta Bersih Nelayan Muara Angke Wanto Asnim, mengatakan, pihaknya sebagai wadah pengusaha ikan akan berupaya memberikan hiburan bagi para nelayan setiap pergantian tahun.

"Ini sebagai penghargaan kami juga bagi jerih payah para nelayan," kata Wanto.

Rangkaian kegiatan pergantian tahun itu diakhiri dengan pesta kembang api.(*)
(T.R018/R010/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010