Makassar (ANTARA) - Core Team World Cleanup Day Provinsi Sulawesi Selatan (CT WCD Sulsel) 2021 melakukan aksi bersih-bersih pulau yang dipusatkan di Pulau Gondong Bali, salah satu wilayah Kepulauan Pangkep pada peringatan World Cleanup Day.

"Peringatan Hari Kebersihan dunia dengan tema 'Bersatu Indonesia Bersih' ini dipusatkan di Pulau Gondong Bali, Desa Mattiro Matae, Kecamatan Liukang Pa’biring, Kabupaten Pangkep, " kata Leader CT WCD Sulsel 2021, Rahima Rahman di sela kegiatan tersebut di Pangkep, Sabtu.

Dia mengatakan, salah satu alasan pemilihan lokasi ini karena merupakan salah satu wilayah dampingan dan bisa diakses dari Kota Makassar sekitar 4 jam perjalanan dengan kapal motor.

Sementara itu, kegiatan yang dikemas semiformal tersebut diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat beberapa diantaranya tergabung dalam lembaga, komunitas dan juga pihak pemerintah menjadi penegasan akan kepedulian bersama terhadap lingkungan.

"Kami sangat memberikan apresiasi pada pemerintah dan masyarakat serta seluruh stakeholder yang antusias turut mengambil bagian," kata Rahima.

Baca juga: 1,9 ton sampah dikumpulkan saat hari kebersihan dunia di Aceh Barat
Baca juga: Amphibi lakukan aksi bersih di Sungai Deli
Baca juga: Bersih-bersih nelayan Pantai Pejarakan-Pemalang angkat 3 ton sampah


Dia mengatakan, kegiatan ini mengupayakan penyatuan lintas latar belakang atau profesi untuk menaruh perhatian terhadap lingkungan sebagai bagian kehidupan bersama.  "Dan hari ini semangat itu kembali terbukti dengan kerja keras para relawan yang tersebar di 24 Kabupaten se-Sulsel," katanya.

Kegiatan WCD yang digelar 187 negara di dunia, tidak hanya dipusatkan di kota besar, tetapi juga di wilayah terpencil seperti pesisir di Pulau Gondong Bali.

Menanggapi kegiatan di Pulau Pangkep itu, Wakil Bupati Pangkep Muh Yusran Lalogau mengapresiasi dan berterima kasih atas dukung generasi muda yang antusias mendukung penyelamatan lingkungan dengan aksi bersih-bersih pantai dan pulau. Termasuk mengedukasi masyarakat agar tetap menjaga lingkungan.

"Generasi muda yang enerjik dan inovatif dalam menjawab tantangan zaman, sangat dibutuhkan dalam menjaga lingkungan demi keberlangsungan hidup pada masa yang akan datang," ujarnya.

Baca juga: Wagub ajak warga NTB sukseskan Clean Up Day
Baca juga: Suksma Bali selenggarakan kegiatan "World Cleanup Day"
Baca juga: "Coastal clean up" ekowisata mangrove Muaragembong Bekasi


 
Suasana pantai dan pesisir Pulau Gondong Bali, Kabupaten Pangkep pada peringatan World Cleanup Day 2021, Sabtu (18/9/2021). ANTARA/ HO-Humas WCD Sulsel

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021