Jakarta (ANTARA) - Francesco Bagnaia mengklaim pole position Grand Prix San Marino pada Sabtu, namun hanya ada satu pebalap Ducati yang pernah memenangkan balapan Sirkuit Misano itu dari posisi start terdepan.

Laman resmi MotoGP mencatat sejauh ini hanya Casey Stoner yang bisa membawa Ducati menang di Misano sedari start dari pole ketika pebalap Australia itu mengalahkan duet tim Suzuki, Chris Vermuelen dan John Hopkins pada 2007.

Berikut statistik dan fakta menjelang GP San Marino, balapan ke-14 dalam kalender MotoGP:

* Bagnaia mengamankan pole position ketiganya musim ini setelah memecahkan rekor Sirkuit Misano sehingga menambah kesuksesannya dalam dua kualifikasi sebelumnya di Qatar dan Aragon.

* Itu merupakan pole position keempat Ducati di Misano pada kelas MotoGP setelah Stoner tampil tercepat dalam kualifikasi 2007 dan 2008 dan Jorge Lorenzo pada 2018.

* Tercatat sejak 2007 hanya empat pebalap yang mampu memenangkan balap MotoGP di Misano setelah merebut pole. Mereka adalah Stoner (2007), Valentino Rossi (2009), Dani Pedrosa (2010), dan Maverick Vinales (2020).

* Ducati untuk kedua kalinya secara beruntun mengamankan posisi start 1-2 sejak 2018 ketika tim Italia tersebut tak terkalahkan dalam tiga kualifikasi beruntun dari Silverstone hingga Aragon.

Baca juga: Derita "arm pump", Zarco naik meja operasi pekan depan

* Di kubu tim rival, pemuncak klasemen sementara Fabio Quartararo bakal start dari P3, dan untuk ke-35 kalinya dari 47 balapan di MotoGP dia mengamankan posisi start baris terdepan. Sang pebalap Prancis mengonversi 34 posisi baris terdepan sebelumnya yang dia jalani menjadi 17 podium termasuk tujuh kemenangan pada kelas premier.

* Misano juga akan menyaksikan untuk kelima kalinya secara beruntun tak ada pebalap Honda yang start dari baris terdepan ketika Pol Espargaro (Repsol Honda) menjadi pebalap teratas pada kualifikasi setelah mengamankan P6.

* Sedangkan Marc Marquez harus menjalani Q1 untuk keenam kalinya sejak kembali membalap di Portugal selepas cedera. Pebalap Spanyol itu akan start dari P7 yang merupakan hasil kualifikasi terburuknya di Misano.

* Maverick Vinales akan start dari P10, mencapai hasil terbaiknya sejak hengkang dari Yamaha dan bergabung dengan Aprilia pada tengah musim. Top Gun kini memiliki posisi unik demi mengikuti langkah Mike Hailwood menjadi pebalap yang meraih kemenangan dua motor yang berbeda pada 1961.

* Sementara itu, juara dunia bertahan Joan Mir (Suzuki Ecstar) untuk kedelapan kalinya musim ini bakal start dari P11, dan gagal mengamankan posisi baris terdepan untuk ketiga kali secara beruntun. Namun, delapan dari 12 podium yang dia raih dari kelas MotoGP datang setelah dia gagal start dari dua baris terdepan di grid.

Baca juga: Marquez menuju Misano dengan motivasi ekstra

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021