Hujan diprakirakan terjadi di sebagian besar provinsi

Hujan diprakirakan terjadi di sebagian besar provinsi

Arsip foto - Warga mendorong sepeda motor saat melintasi genangan banjir di kawasan Pasar Induk Rau, Serang, Banten, Selasa (14/9/2021). ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/hp.

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini mengenai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah provinsi di Indonesia pada Minggu.

BMKG memprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat terjadi di wilayah Provinsi Aceh, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, dan Maluku.

Wilayah Provinsi Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara juga diprakirakan menghadapi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Selain itu, BMKG menyampaikan peringatan dini mengenai potensi peningkatan kecepatan angin di bagian wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat seperti Lombok Barat, Mataram, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, dan Bima.

Sedangkan wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur menurut prakiraan cuaca BMKG berpotensi menghadapi angin kencang serta risiko kebakaran hutan dan lahan.

Baca juga:
Waspada potensi hujan lebat dan angin kencang di sejumlah provinsi
Hujan lebat menyebabkan banjir di perkampungan Distrik Wanggar, Nabire

 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BMKG: cuaca ekstrem dipicu peningkatan gas rumah kaca

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar