Jakarta (ANTARA) - Arsitek sekaligus pendiri Studio Arsitertropis Ren Katili membagikan sejumlah kiat untuk menciptakan ruangan di rumah menjadi lebih multifungsi.

Menurut Ren Katili, sudut ruang rumah yang dijadikan ruang multifungsi semakin dibutuhkan khususnya di masa pandemi untuk tetap mendukung aktivitas dari tiap anggota keluarga selama di rumah saja.

"Ruang multifungsi yang tentram dan nyaman perlu didukung dengan produk yang tepat, karena secara otomatis akan memberikan ketenangan hati para ibu," kata Ren dalam keterangannya pada Minggu.

Ruang multifungsi, kata dia, juga bisa dijadikan ruang bermain anak agar mereka tetap bisa berkreasi di masa pandemi saat harus lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja.

Berikut lima langkah untuk menciptakan ruang multifungsi di rumah yang nyaman:

1. Ruang yang mengalir
Ini adalah kunci utama agar ruang bisa berfungsi optimal dengan berbagai macam kegiatan di dalamnya. Oleh karena itu, penentuan di awal ruang apa saja yang akan digabungkan sebaiknya dilakukan, supaya mudah meletakkan perabotan dengan tepat dalam ruang tersebut.

Baca juga: Tips dekorasi ruangan agar lebih meriah sambut Ramadhan

Baca juga: Lima kiat menata tanaman hias untuk segarkan suasana rumah


2. Perabot multifungsi
Pilih furnitur yang memiliki fungsi lebih dari satu, yang mudah dipindahkan atau digeser supaya tidak menghabiskan tempat yang ada. Makin sedikit perabotan yang dibeli, akan makin baik.

3. Pencahayaan dan pengudaraan alami
Menurut Ren, ini bagian penting dalam menciptakan ruang multifungsi. Pastikan pencahayaan dan pengudaraan alami yang cukup dalam ruang tersebut karena hal ini baik bagi kesehatan pengguna ruangan mengingat durasi penggunaan dalam ruang multifungsi ini bisa jadi lebih lama dibanding ruang-ruang lain.

4. Perawatan mudah
Pilih material dan perabotan yang mudah dalam perawatan termasuk pemilihan material penutup lantai dan dinding, mengingat kegiatan yang cukup beragam di ruang multifungsi.

5. Warna dalam ruangan
Warna sangat berpengaruh pada tampilan suatu ruangan. Pilihlah warna-warna natural, serta kombinasikan warna tersebut menjadi dua atau tiga warna dalam satu ruangan. Tema Brave Ground dari Trend Warna Dulux of The Year 2021 bisa dijadikan referensi untuk ruang multifungsi. Dengan pemilihan warna yang pas meskipun multifungsi namun ruangan akan terlihat seimbang dan terkoordinasi.

Sebagai salah satu bentuk kenyamanan, pemilihan cat dinding dengan kandungan antivirus kini banyak diminati, salah satunya adalah produk EasyClean Antiviral dari Dulux.

"Dulux EasyClean Anti-Viral sebagai solusi all-in-one dari Dulux, merupakan cat dinding berkualitas tinggi untuk interior, berbahan dasar air. Dengan KidProof+ TechnologyTM sehingga noda sehari-hari yang menempel pada dinding mudah dibersihkan tanpa merusak lapisan cat. Diformulasikan pula dengan anti-bakteri yang membantu menghambat pertumbuhan bakteri di dinding. Kini juga dilengkapi dengan Silver Ion Technology yang memberikan manfaat tambahan, efektif menghilangkan beberapa virus tertentu," kata Niluh Putu Ayu, Head of Brand and Consumer Marketing PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia).

Selain berbahan dasar air, cat interior premium Dulux EasyClean Anti-Viral juga memiliki beberapa fitur lainnya seperti Colourguard Technology yang dapat menjaga keindahan warna dinding memesona lebih lama, hasil akhir halus dan merata serta tidak mengandung timah (Pb) dan merkuri (Hg), rendah bau dan rendah VOC.

Baca juga: Produk kerajinan dan dekorasi rumah RI diserbu di Italia

Baca juga: Tips mendekor ulang rumah agar tak jenuh selama PPKM

Baca juga: Inspirasi dekorasi rumah dengan kerajinan bambu

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021