Masing-masing satgas mengerahkan 30 personel dalam gerebek lumpur
Jakarta (ANTARA) - Kelurahan Pancoran, Jakarta Selatan melakukan kegiatan "gerebek lumpur" di saluran penghubung (panel hubung bagi/ PHB)  di Jalan Pengadegan Barat IX, Kalibata, Jakarta Selatan, pada Minggu (19/9) guna melancarkan pembuangan air di lokasi tersebut.

Kegiatan gerebek lumpur (pengerukan lumpur melibatkan banyak pihak) sepanjang kurang lebih satu kilometer  diawasi langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Selatan Mukhilisin.

Baca juga: Jakarta Barat tingkatan pemangkasan pohon jelang musim hujan

Mukhlisin pada kesempatan itu mengatakan kegiatan gerebek lumpur ditujukan  untuk melancarkan pembuangan air di PHB Kalibata mengantisipasi datangnya musim hujan.

“Ini dalam rangka pengendalian banjir, kita antisipasi, kita keruk (endapan lumpur) dan bersihkan jadi nanti aliran air lancar tidak ada penyumbatan. Masing-masing satgas mengerahkan 30 personel dalam gerebek lumpur kali ini,” kata Mukhlisin.

Baca juga: Jakarta International Stadium menerapkan resapan air hujan

Lebih lanjut Ia mengatakan, gerebek lumpur di Kali PHB Kalibata yang dilakukan sepanjang kurang lebih satu kilometer dilaksanakan oleh pasukan warna-warni.

Ia mengharapkan kegiatan ini dapat mencegah genangan air pada saat musim penghujan nanti untuk menghindari  terjadinya banjir.

Baca juga: Penanggung jawab SKPD ditempatkan di daerah rawan banjir

“Harapannya semoga nanti saat hujan turun, semua saluran-saluran lancar, saat hujan kita tidak ada lagi aduan dari masyarakat tentang genangan dan banjir,” kata Mukhlisin.

Adapun kegiatan gerebek lumpur ini melibatkan personel dari satuan petugas Sumber Daya Air, Bina Marga, Lingkungan Hidup, Huta Kota, dan Pasukan Orange.

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021