Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi VI DPR RI Marwan Jafar meminta BUMN kian gencar membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai jantung ekonomi masyarakat yang paling terdampak dari pandemi COVID-19.

"Saya minta BUMN serius membantu mempermudah akses permodalan, perijinan dan jaminan asuransi untuk temen-temen pelaku UMKM di Blora" kata Marwan lewat keterangannya diterima di Jakarta, Minggu.

Marwan memaparkan pandemi memberi dampak luar biasa terhadap UMKM, mulai dari penurunan keuntungan hingga ketidakpastian potensi resiko yang dihadapi, sehingga pelaku UMKM sangat membutuhkan perhatian yang serius dari pemerintah untuk upaya pemulihan.

Menurut Marwan, ada tiga hal yang sangat dibutuhkan oleh pelaku UMKM untuk melakukan pemulihan, yaitu kemudahan perijinan, akses permodalan dan asuransi.

Diharapkan pemerintah melalui BUMN terkait bisa membantu kebutuhan tersebut dengan maksimal.

Hal itu disampaikan oleh Marwan saat menjadi narasumber pada acara Sosialisasi Peningkatan imunitas UMKM melalui asuransi dan penjaminan dari Ekosistem Indonesia Financial Group (IGD) yang diadakan di Kabupaten Blora.

Di hadapan para pelaku UMKM Blora, Marwan menyampaikan potensi besar Blora untuk memaksimalkan UMKM sektor MIGAS karena terdapat Blok Cepu.

Acara tersebut juga dihadiri perwakilan dari BUMN yang bergerak di bidang asuransi, antara lain Jamkrindo, Askrindo, Jasindo dan Jasa Raharja. Masing-masing mereka mensosialisasikan produk asuransi yang dapat diakses dengan mudah oleh para pelaku UMKM.

Baca juga: Erick Thohir dan BUMN dapat tugas tingkatkan porsi pembiayaan UMKM

Baca juga: Program Rumah BUMN dinilai dapat lahirkan UMKM "go global"


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021