Rano Karno kunjungi "Puan Maharani" penerima beasiswa PIP

Rano Karno kunjungi "Puan Maharani" penerima beasiswa PIP

Anggota DPR RI Komisi X Rano Karno bersama pelajar bernama Puan Maharani saat memberikan keterangan di Situ Danau Cipondoh, Tangerang, Banten, Minggu (19/9/2021). ANTARA/Achmad Irfan/aa.

Tangerang (ANTARA) - Anggota DPR RI Komisi X Rano Karno bersama Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo mengunjungi seorang pelajar SD Negeri Cipondoh 1 penerima beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) yang memiliki kesamaan nama dengan ketua DPR RI Puan Maharani

Rano Karno didampingi Ketua DPRD Gatot Wibowo di Tangerang, Minggu, mengaku terkejut ketika ada pelajar bernama Puan Maharani dan masuk dalam program PIP.

"Saya harus memastikan bahwa sasaran penerima program PIP ini adalah pelajar yang layak menerima. Maka dari itu, saya bersama Ketua DPRD Kota Tangerang melakukan kunjungan lapangan agar saya dapat mengawal program Pak Jokowi ini hadir tepat di tengah masyarakat yang membutuhkan," kata Rano Karno dalam keterangannya usai menemui Puan Maharani bersama keluarganya yang tinggal di tempat usahanya di area wisata danau Cipondoh, Kota Tangerang.

Baca juga: Bantuan Program Indonesia Pintar sudah disalurkan ke 18,1 juta siswa

Terkait nama Puan Maharani, Rano Karno mengaku akan menyampaikan hal ini kepada Ketua DPR RI, terutama mengenai semangat dan cita - cita yang diharapkan oleh pelajar tersebut. Kesuksesan yang diraih oleh Ketua DPR Puan Maharani dapat memotivasi pelajar untuk terus semangat belajar.

Ia mengatakan beasiswa PIP merupakan wujud komitmen pemerintahan Joko Widodo untuk meringankan biaya pendidikan, sehingga seluruh pelajar dapat mengakses program ini tanpa melihat domisili alamat kependudukan. Hal ini sangat membantu di tengah keterbatasan alokasi bantuan yang bersumber dari pemerintah daerah.

“Ini merupakan wujud komitmen bersama pemerintahan Bapak Jokowi untuk memperluas akses pendidikan kepada seluruh pelajar tanpa melihat alamat domisili. Bantuan ini sangat membantu di tengah keterbatasan dana dari pemerintah daerah. Oleh karena itu, kita harus sukseskan," katanya.

Sementara itu, Puan Maharani mengaku jika orang tuanya memberikan nama tersebut terinspirasi dari keberhasilan Ketua DPR saat ini terpilih sebagai anggota DPR pada tahun 2009.

"Ibu saya ingin saya jadi perempuan hebat yang berguna untuk masyarakat seperti Ibu Puan. Saya bercita-cita ingin menjadi guru agar bermanfaat untuk banyak orang," katanya.

Baca juga: Nadiem tegaskan PIP dan KIP Kuliah masih dikelola Kemendikbud

Baca juga: PIP tingkatkan jumlah peserta didik


Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot wibowo mengucapkan terima kasih atas kepedulian Rano Karno, yang memperjuangkan program PIP bagi masyarakat Kota Tangerang.

Di tengah pandemi COVID-19, anggaran daerah sangat terdampak, sehingga program daerah seperti Tangerang Cerdas tidak sebanding dengan jumlah warga yang membutuhkan. Apalagi, program Pemkot Tangerang hanya untuk pelajar ber-KTP Kota Tangerang.

“Terima kasih pak Rano Karno telah berjuang agar program PIP ini terealisasi bagi sebagian masyarakat Kota Tangerang. Kami sadar anggaran daerah kami terbatas, Program Tangerang Cerdas sasaran penerimanya tidak banyak dan hanya khusus bagi pelajar ber-KTP Kota Tangerang. Dengan adanya program beasiswa PIP ini sangat membantu saudara kita yang bukan beralamat KTP Kota Tangerang. Ini adalah wujud komitmen Bapak Presiden untuk memperluas akses pendidikan pelajar Indonesia,” kata dia.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

33.475 Siswa di Temanggung dapat PIP 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar