London (ANTARA News) - Penyanyi kelahiran Skotlandia Annie Lennox (56) mendapat penghargaan dari Ratu Inggris Elizabeth II berupa "The Order of the British Empire- OBE", Sabtu.

Penghargaan itu diberikan atas jasanya menjadi duta Oxfam, yayasan sosial dan mendirikan SING kampanye untuk meningkatkan kesadaran AIDS di Afrika.

"Kami sangat senang mengumumkan bahwa Annie Lennox telah menerima OBE di tahun baru untuk pekerjaannya melawan AIDS dan kemiskinan di Afrika," demikian disampaikan website resmi Annie Lennox.

Lennox yang juga merupakan Goodwill Ambassador UNESCO untuk AIDS dan seorang aktivis perdamaian terkemuka, mengatakan, ia mendapat kehormatan dengan penghargaan tersebut.

Lennox, kelahiran Aberdeen 25 Desember 1954, yang baru meluncurkan album terbarunya " A Christmas Cornucopia" dan terjual jutaan menjelang Natal menduduki posisi tertinggi dalam tiga dekade "UK Chart hits",

Lennox menerima penghargaan bersamaan dengan bintang film veteran Suchet yang dikenal dengan film seri Detektif Pairot.

Lennox yang menerima penghargaan itu bukan dari hasil musiknya, melainkan sebagai pekerja sosial, mengakui bahwa ia tidak pernah membayangkan untuk mendapatkan penghargaan tertinggi dari Ratu Inggris, apalagi dalam pekerjaannya sebagai duta Badan PBB untuk Kebudayaan UNESCO.
(ZG/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011