Pekanbaru (ANTARA) - Peraih dua medali emas dan satu perak Paralimpiade Tokyo Leani Ratri Oktila pulang ke daerah asalnya di Provinsi Riau, Minggu, dan disambut Gubernur Riau Syamsuar dengan memberikan bonus Rp1 miliar.

"Kami sampaikan kepada Leani sebagai Kepala Daerah dalam kesempatan ini saya akan berikan bonus, sebesar Rp1 miliar, mungkin kalau dibandingkan yang diterima dari Presiden tidak banyak," kata Syamsuar ketika menyambut Leani di kediaman Gubernur Riau di Pekanbaru.

Dia mengatakan bahwa di Riau belum ada atlet yang meraih medali di Olimpiade. Oleh sebab itu, Leani menjadi kebanggaan Riau dan diharapkan memberi semangat bagi atlet Komite Paralimpiade Nasional maupun yang akan berjuang pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

"Kami bersama menyambut kehadiran Leani. Mudah-mudahan banyak atlet dari Riau berprestasi tingkat dunia. Terima kasih atas jerih payah Leani berusaha membuat nama baik Riau," ujar Syamsuar.

Baca juga: Leani Ratri Oktila terima bonus Rp13,5 miliar dari pemerintah
Baca juga: Presiden bertukar kenang-kenangan dengan Leani Ratri Oktila


Sementara itu, Leani pada saat kedatangannya disambut sejak dari Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Setelah itu dia diarak bersama mobil menuju kediaman Gubernur Riau di Jalan Diponegoro.

"Untuk teman atlet lainnya sudah saatnya kita yakin dan percaya diri di ajang tingkat nasional dan internasional. Karena sekarang pemerintah sudah menyamakan kita dengan atlet non-para, itu satu-satunya motivasi besar buat kita karena tidak ada bedanya kita dengan atlet non-para," sebutnya.

"Semoga apresiasi yang diberikan oleh Presiden, Gubernur dan pemerintah yang lain bisa membuat atlet iri dengan pencapaian saya dan ingin menjadi saya. Itu yang saya harapkan, terima kasih untuk semua pihak yang berperan dalam karier saya," tambahnya ketika memberikan sambutan di depan atlet NPC Riau.

Selanjutnya Leani akan bertolak ke tempat asalnya di Kabupaten Kampar. Dalam perhelatan Paralimpiade Tokyo 2020 Leani meraih dua medali emas dari bulu tangkis ganda putri bersama Khalimatus Sadiyah) dan ganda campuran bersama Hary Susanto. Sementara satu medali perak diraih Leani dari nomor tunggal putri.

Baca juga: NPC Indonesia apresiasi perhatian pemerintah pada atlet disabilitas
Baca juga: Leani berterima kasih ke Jokowi sudah setarakan atlet disabilitas
Baca juga: Raihan dua emas Leani Ratri memiliki makna luar biasa bagi Indonesia

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021