Jakarta (ANTARA) - Erling Haaland mengemas dua gol saat Borussia Dortmund mengatasi Union Berlin dengan skor 4-2 dalam laga pekan kelima Liga Jerman di Stadion Signal Iduna Park, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Raphael Guerreiro membuka keunggulan Dortmund yang disusul gol pertama Haaland serta gol bunuh diri bek Union Berlin Marvin Friedrich.

Tim tamu sempat memperlihatkan momentum kebangkitan saat membalas melalui eksekusi penalti Max Kruse dan gol sundulan Andreas Voglsammer, tetapi Haaland mencetak gol keduanya demi mengunci kemenangan Dortmund.

Baca juga: Setan Merah siap beli Haaland dan Bellingham sekaligus

Dortmund kembali ke posisi ketiga klasemen dengan raihan 12 poin, setelah sempat disalip Bayer Leverkusen (10) beberapa jam sebelumnya, sedangkan Union (6) tak beranjak dari urutan kedelapan, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Guerreiro membawa tuan rumah memimpin lewat gol apiknya menyambar bola liar di dalam kotak penalti Union dan melesakkannya ke area tiang jauh pada menit ke-10.

Keunggulan Dortmund digandakan oleh Haaland pada menit ke-24 lewat sundulannya menyabut umpan silang kiriman Thomas Meunier demi memperdaya kiper Andreas Luthe.

Baca juga: Dortmund kantungi tiga poin penuh dari kandang Besiktas

Skor 2-0 bertahan hingga turun minum dan tujuh menit memasuki babak kedua Dortmund memperoleh gol ketiga mereka saat Friedrich berusaha memotong umpan tarik Marco Reus, tetapi malah membuat bola bersarang ke gawangnya sendiri.

Union memperkecil ketertinggalan pada menit ke-57 lewat eksekusi penalti Kruse, setelah wasit Sven Jablonski dan VAR menyimpulkan Axel Witsel telah melanggar Kevin Behrens di dalam area terlarang.

Momentum kebangkitan Union berlanjut ketika mereka mengkonversi situasi sepak pojok kiriman Niko Giesselmann disambut tandukan jarak dekat Voglsammer demi membuat kedudukan jadi 2-3 pada menit ke-81.

Namun, momentum itu segera dikubur oleh Haaland yang menjawabnya dua menit kemudian dengan sepakan kaki kiri untuk merestorasi keunggulan dua gol bagi Dortmund yang menang 4-2 kala peluit bubaran berbunyi.

Kedua tim main lagi pada Sabtu nanti saat Dortmund bertandang ke Borussia Park menghadapi Borussia Moenchengladbach sementara Union menjamu Arminia Bielefeld di An der Alsten Foersterei.

Baca juga: Leverkusen permalukan Stuttgart walau harus main dengan sepuluh pemain

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021