...saya melihat selama pandemi muncul kreativitas dan inovasi yang menandakan mereka bersiap diri. Ada semangat dan sikap optimisme tinggi bahwa yang jatuh, bisa bangkit lagi
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir terus menyemangati pengusaha lokal di Bali agar bersiap diri menghadapi pasca-pandemi COVID-19.

"Satu hal yang saya apresiasi dari teman-teman di Bali ini, bahwa pandemi COVID-19 di satu sisi memang melemahkan pariwisata yang menjadi andalan Bali. Tapi di sisi lain, saya melihat selama pandemi muncul kreativitas dan inovasi yang menandakan mereka bersiap diri. Ada semangat dan sikap optimisme tinggi bahwa yang jatuh, bisa bangkit lagi," ujar Menteri BUMN Erick Thohir dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Hal itu dikemukakan Erick Thohir ketika bertemu dengan sejumlah UMKM dan startup yang ada di tiga kota Jembrana, Denpasar, dan Benoa.

Baca juga: Menteri BUMN inginkan Kabupaten Jembrana jadi lumbung pangan bagi Bali

Selain itu Erick Thohir juga ke  STMIK Primakara di Denpasar, yang khusus mendidik para pengelola usaha rintisan yang mendapat dukungan dari Bank Mandiri dan PT Telkom.

Bagi kalangan industri kreatif, kata dia, masa pandemi COVID-19 harus menjadi momentum untuk bersiap diri dan tetap produktif.

Hal itu bertujuan agar pasca-pandemi, lanjutnya, ketika kehidupan dan denyut perekonomian kembali normal, para UMKM, inovator, enterprenuer, dan start up sudah berada selangkah di depan untuk mengembangkan bisnis.

Baca juga: Anggota DPR minta BUMN makin gencar bantu UMKM

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021