Futsal

Tim Futsal Sumut optimistis hadapi PON Papua

Tim Futsal Sumut optimistis hadapi PON Papua

Tim Futsal Sumatera Utara yang akan berlaga di PON Papua (ANTARA/HO)

Kita tetap mewaspadai tuan rumah saat babak penyisihan
Medan (ANTARA) - Tim Futsal Sumatera Utara optimistis menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua mengingat persiapan yang dilakukan selama ini dinilai sudah cukup maksimal.

"PON kali ini agak spesifik karena persiapan dimasa pandemi. Namun demikian tidak mengurangi semangat berlatih anak anak dengan tujuan memberikan yang terbaik untuk Sumut tercinta. Kita optimistis menatap PON Papua," kata Ketua Umum Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sumatera Utara (Sumut) Ismail E Rambe di Medan, Senin.

Sebanyak 10 tim akan berlaga di cabang olahraga futsal PON/XX 2021 Papua pada September mendatang. Pertandingan futsal akan digelar di Sport Complex di Mimika mulai babak penyisihan hingga final.

Baca juga: Tim futsal Malut siap mainkan laga perdana di PON Papua

Babak penyisihan dilaksanakan pada 23 sampai dengan 29 September 2021. Kemudian semifinal tanggal 1 Oktober dan 4 Oktober partai final.

Tim futsal Sumut bercokol di grup A dengan Papua, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat dan Kalimantan Barat.

Sedangkan grup B diisi tim Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Maluku Utara.

Ia mengatakan, inilah saatnya Ismail berbuat untuk Sumut bermartabat. Untuk itu kepada skuad futsal harus fight untuk menghadapi lawan di babak penyisihan hingga babak final. Pemain harus memiliki mental juara sehingga nantinya dapat menuju podium satu.

Ia menambahkan dalam proses persiapan tim tentu banyak kendala yang dihadapi tapi itu merupakan pemikiran yang sifatnya membangun karena kita semua cinta Sumut.

"Tak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada Pemprov, KONI, pemerintah kabupaten/kota, Rektor UMSU yang telah memberikan penyemangat kepada tim futsal Sumut. Kami segenap pengurus AFP Sumut dan Askab/Kota memohon do'a seluruh masyarakat dan insan futsal Sumut agar tim futsal Sumut membawa hasil yang maksimal," kata Ismail.

Baca juga: Tim futsal Papua targetkan medali emas di PON Papua

Sementara itu, pelatih tim Futsal Sumut, Dede Novandi mengatakan, anak-anak asuhnya telah melakukan persiapan.

Seluruh pemain Tim Futsal Sumut diasramakan di wisma atlet selama mengikuti Pelatda Penuh dan beberapa uji kesehatan lain juga telah dilakukan, sehingga stamina dan fisik pemain benar-benar dijaga.

Selain itu, penerapan Prokes tetap menjadi kewajiban bagi atlet.

Ia menambahkan selama Pelatda, salah satu latihan yang dilakukan yaitu menggelar latih tanding, program latih tanding itu upaya mengasah kemampuan pemain menguasai pola permainan.

Sementara mengenai lawan yang dinilai cukup berat dihadapi, ia menilai tim tuan rumah salah satu yang harus diwaspadai.

"Kita tetap mewaspadai tuan rumah saat babak penyisihan. Saya instruksikan kepada anak-anak tim yang berada di grup A semuanya merupakan tim bagus. Jadi siapapun lawan yang dihadapi harus bermain maksimal, apalagi persiapan tim sudah 100 persen dan anak-anak sudah siap fight untuk memberikan yang terbaik bagi kontingen Sumut," katanya.

Baca juga: Tim futsal Maluku Utara targetkan medali di PON Papua

Pewarta: Juraidi
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sukses, Ketua Harian PB PON XX berterima kasih kepada Presiden

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar