PON Papua

PB ESI gelar vaksinasi jelang pertandingan PON Papua

PB ESI gelar vaksinasi jelang pertandingan PON Papua

Ketua Harian PB ESI, Komisaris Jenderal Polisi Bambang Sunarwibowo (tengah) bersama pemerintah kota dan Forkopimda, dalam acara vaksinasi di SMP Negeri 4 Jayapura, Senin (20/9/2021). ANTARA/Arindra Meodia/am.

Kita harapkan ini juga sebagai bentuk wujud perhatian kita terhadap rekan-rekan masyarakat yg karena pandemi COVID-19 ini berdampak secara ekonomi, itu adalah bentuk dari wujud kerjasama kita
Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) bersama komunitas esports nasional menggelar vaksinasi COVID-19 kepada para pelajar Jayapura, Papua.

Ketua Harian PB ESI, Komisaris Jenderal Polisi Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum mengatakan, bahwa aksi kepedulian sosial tersebut diselenggarakan sebagai bagian dari penyelenggaraan eksibisi esports Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

"Diharapkan dengan vaksinasi ini bisa meningkatkan herd imunitas khususnya di kalangan para pelajar, dan tentunya para pelajar ini merupakan generasi muda kita ke depan," ujar Bambang dalam acara vaksinasi di SMP Negeri 4 Jayapura, Senin.

Baca juga: PB ESI finalisasi game esport yang akan dipertandingkan di PON XX

Selain di SMP Negeri 4 Jayapura yang berada di Jalan Nafri Abepantai, Nafri, Kecamatan Abepura, Kota Jayapura, kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan oleh PB ESI berlangsung di dua lokasi lainnya.

Dua lokasi tersebut antara lain SMP Al-Ihsan Yapis yang berada di Jalan Perkutut No.106 Cigombong-Kotaraja, Kecamatan Abepura, Kota Jayapura dan SMP YPK Diaspora Kotaraja, Kecamatan Abepura, Kota Jayapura.

"Ini kita laksanakan bersama-sama dengan jumlah peserta vaksinasi sebanyak 5.000," kata Bambang.
Seorang tenaga kesehatan menunjukkan vaksin sinovac yang digunakan dalam acara vaksinasi di SMP Negeri 4 Jayapura, Senin (20/9/2021). ANTARA/Arindra Meodia/am.


Khusus di SMP Negeri 4 Jayapura, berdasarkan keterangan dari kepala sekolah, hanya 10 persen pelajar yang telah mendapatkan vaksin. Sehingga, dengan adanya vaksinasi tersebut diharapkan dapat mencapai angka 100 persen.

"Sementara di tempat-tempat lain untuk SMP atau pelajar SMP usia 12 tahun ke atas masih minim, sementara itu adalah generasi muda yang kita harapkan bisa membangun bangsa kita ke depan," kata Bambang.

"Oleh karena itu dari PB Esport bekerja bersama-sama dengan pemerintah kota maupun dengan Forkopimda yang ada kita harapkan ini bisa mendorong herd komunitas, khususnya di wilayah Papua ini, dengan harapan kita semua semakin bisa sehat, dan anak-anak bisa belajar seperti sedia kala," dia melanjutkan.

Baca juga: 188 atlet esport siap berlaga di PON Papua
Seorang tenaga kesehatan menyuntik vaksin sinovac kepada seorang siswa dalam acara vaksinasi di SMP Negeri 4 Jayapura, Senin (20/9/2021). ANTARA/Arindra Meodia/am.

Baca juga: Esport DKI Jakarta targetkan sapu bersih emas PON Papua
Baca juga: DKI Jakarta lolos seluruh nomor pertandingan esport menuju PON Papua


Selain kegiatan vaksinasi dari PB Esport Indonesia juga menyelenggarakan kegiatan bantuan sosial berupa pemberian sembako di dua titik lokasi dan menyumbang 1.000 paket bantuan.

Titik lokasi pertama adalah di Jalan Sulawesi RW 08 Kelurahan Imbi, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura. Adapun titik lokasi kedua adalah di Jl. Argapura Pantai RW.04 Kelurahan Argapura, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura.

"Kita harapkan ini juga sebagai bentuk wujud perhatian kita terhadap rekan-rekan masyarakat yg karena pandemi COVID-19 ini berdampak secara ekonomi, itu adalah bentuk dari wujud kerjasama kita," ujar Bambang.

Esport, Bambang menambahkan, diharapkan bisa memberikan kontribusi secara ekonomi baik kepada pemain, lingkungan dan bangsa Indonesia, selain tentunya memperoleh atlet-atlet yang terbaik.

"Esport sendiri pada tahun 2021 ini bisa memberikan kontribusi dengan catatan yang ada bisa mencapai sekitar 2 miliar dolar AS, itu untuk yang di Indonesia, artinya dalam catatannya sekitar Rp30 triliun," kata Bambang.

"Oleh karena itu ini sangat besar harapan ke depan bahwa esport juga bisa memberikan kontribusi terkait dengan pembangunan bangsa Indonesia," dia menambahkan.

Baca juga: Mengintip arena pertandingan esport PON Papua

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Tim esport Sultra bawa pulang medali emas PON Papua

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar