Program "Jumat Beli Lokal" bukukan penjualan Rp57 juta

Program "Jumat Beli Lokal" bukukan penjualan Rp57 juta

Tangkapan layar - Program bazar daring Jumat Beli Lokal yang diadakan setiap Jumat per pekan untuk membantu pemasaran UMKM di Jakarta, Jumat (17/9/2021). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna/am.

Jakarta (ANTARA) - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta mencatat program "Jumat Beli Lokal" yang baru diadakan dua kali selama dua pekan terakhir, membukukan nilai penjualan produk UMKM Jakprenuer sebesar Rp57 juta dengan 237 pemesanan.

"Kami menargetkan omzet dalam pelaksanaan Jumat Beli Lokal berikutnya lebih tinggi lagi," kata Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo di Jakarta, Senin.

Baca juga: Menanti gereget "Jumat Beli Lokal"

Pameran daring yang menjual produk UMKM setiap Jumat itu perdana diadakan pada Jumat (10/9) dengan konsep virtual melalui tayangan langsung di platform "zoom" dan Instagram @jakpreneur dan @jxboard.

Konsumen yang tertarik pada produk tertentu dapat langsung menghubungi kontak yang ditampilkan saat kegiatan berlangsung.

Program Jumat Beli Lokal ini juga berkolaborasi dengan lapak daring, Tokopedia untuk membantu mempromosikan dan memasarkan produk UMKM dengan mengakses tokopedia.link/jakpreneur.

Ratu menjelaskan produk yang ditawarkan merupakan produk lokal unggulan yang diproduksi oleh pelaku UMKM binaan Pemprov DKI yakni Jakpreneur di seluruh wilayah Ibu Kota.

Baca juga: Pemprov DKI kolaborasi dengan Tokopedia untuk pasarkan Produk UMKM

Berbagai pilihan produk dihadirkan mulai dari makanan, pakaian hingga kriya dengan harga yang kompetitif.

Pada pelaksanaan penjualan perdana, Jumat Beli Lokal menjual produk makanan dan minuman ringan, kemudian minggu kedua fesyen dan kerajinan dan pada minggu ketiga rencananya makanan berat dan minggu keempat kebutuhan rumah tangga dan kesehatan.

"Melalui Jumat Beli Lokal, kami mengajak masyarakat untuk mendukung para pelaku UMKM dengan membiasakan diri menggunakan produk lokal dalam kehidupan sehari-hari," ujar Ratu.

Jumat Beli Lokal diselenggarakan sebagai upaya untuk meningkatkan akses pemasaran produk UMKM.

Untuk menggenjot UMKM "go" digital, program itu diselenggarakan di berbagai media sosial dan platform belanja digital.

Baca juga: DKI bantu pemasaran produk UMKM melalui "Jumat Beli Lokal"

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Konten digital tepat sasaran diperlukan untuk pasarkan produk UMKM

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar