Jember (ANTARA News) - Kabupaten Jember, Jawa Timur, diguncang gempa bumi berkekuatan 5 skala Richter (SR), Selasa dini hari, sekitar pukul 04.24 WIB.

Berdasarkan informasi yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tercatat gempa bumi terjadi pada lokasi 10.47 derajat Lintang Selatan dan 113.33 derajat Bujur Timur, berkedalaman 10 kilometer.

Gempa tersebut tidak berpotensi terjadinya gelombang Tsunami, dengan pusat gempa 258 kilometer Barat Daya Kabupaten Jember.

Sekretaris Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana (Satlak PB) Jember, Edy Budi Susilo mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan informasi terkait dengan gempa bumi tersebut.

"Masyarakat di sepanjang pesisir pantai hanya merasakan getaran kecil dan warga tidak panik karena getarannya hampir tidak terasa," tuturnya.

Ia menjelaskan, pihak Satlak PB Jember sedang melakukan pengecekan di sejumlah kecamatan yang berada di sepanjang pesisir.

"Saya sudah meminta Camat yang wilayahnya berada di pesisir pantai melakukan pengecekan dan pendataan akibat gempa yang berkekuatan 5,0 SR itu," paparnya.

Dari lokasi gempa berjarak 258 km Barat Daya Jember, kata dia, warga yang merasakan gempa bumi kemungkinan berada di Kecamatan Puger, Gumukmas, Kencong, dan Jombang.

"Hasil laporan sementara dari Satlak di tingkat kecamatan menyebutkan bahwa belum ada laporan dari warga terkait dengan kerusakan dan korban jiwa akibat gempa bumi itu," ucap mantan Asisten II Pemkab Jember itu.

Sesuai data di situs BMKG tercatat pusat gempa berada pada 258 km Barat Daya Kabupaten Jember, 260 km Tenggara Kabupaten Lumajang , 276 km Barat Daya Kabupaten Banyuwangi, 280 km Barat Daya Nusa Dua (Bali), 865 km Tenggara Jakarta.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011